Kilas Berita:

Harapan Baru MP3KI

PURING (www.beritakebumen.info) - Kecamatan Puring dikenal dengan sentra agraria baik dari hasil pertanian maupun perkebunan. Hal ini sangat baik sebagai penunjang kawasan wisata sepanjang pesisir pantai. Keadaan yang demikian membuat kawasan ini sebagai pemasok pangan lokal maupun nasional. Potensi yang belum dikembangkan adalah sektor perikanan.

Sebagian warga miskin pedesaan dapat memberdayakan dirinya dan sebagian lagi belum dapat berdaya tanpa bantuan dari Pemerintah. Bantuan tersebut baik berupa pelatihan wirausaha maupun permodalan. Bagi rumah tangga miskin yang belum berdaya membutuhkan permodalan yang berupa dana hibah, bukan pinjaman yang harus membayar bunga tiap bulan.

Dengan adanya pelatihan diharapkan rumah tangga miskin yang belum berdaya mendapatkan keterampilan . Setelah mendapat keterampilan diharapkan mereka mampu berwira usaha dengan modal yang diberikan Pemerintah. Kegiatan yang akan dilakukan antara lain :

  • Mengadakan pelatihan Budidaya Ikan air tawar
  • Studi banding ke tempat budi daya ikan yang sudah ada
  • Pemberian permodalan wirausaha budidaya ikan air tawar mulai dari penyiapan tempat, bibit dan pakan.

Bagi Pemerintah, program ini bisa menjadi salah satu program pengentasan kemiskinan yang sejalan dengan percepatan MDG’s. Manfaat langsung yang akan diperoleh rumah tangga miskin adalah pengetahuan berwirausaha budidaya ikan air tawar serta modal yang diharapkan program ini akan menambah penghasilan bagi keluraga RTM.

Warga miskin adalah sasaran program ini. Mereka dilibatkan dalam penjaringan usulan yang kemudian di tulis oleh Tim Penulis Usulan. Mereka juga berpartisipasi dalam perencanaan pembuatan proposal yang berkaitan dengan rencana studi banding dan rencana penyiapan tempat dan pengadaan bibit. Hal ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat wirausaha masyarakat pada umumnya dan warga miskin pada khususnya.

Potensi yang ada dimulai dari Sumber Daya Manusia yang bisa dilatih menjadi tenaga terampil dan berpotensi. Faktor alam juga sangat mendukung dalam hal iklim dan cuaca. Faktor lingkungan dan geografis sangat baik sekali, mengingat lokasi yang dekat dengan tempat wisata. Hal ini dimungkinkan untuk andil besar dalam bisnis kuliner berbahan dasar ikan. Basis pesisir yang di dominasi oleh perkebunan dan pertanian akan semakin komplek jika ditambah perikanan yang digabung dalam agroindustri.

Kedepan kawasan ini berpotensi sebagai kawasan kuliner dengan bahan baku yang tersedia membuat para investor tak segan untuk berinvestasi. Namun, alangkah baiknya jika investor tersebut bersal dari penduduk lokal.

Dukungan dari Pemerintah-pun harus selalu sejalan dengan potensi yang ingin dikembangkan masyarakat. Mulai dari pelatihan wirausaha pertanian, perkebunan dan perikanan sampai ke tahap pengolahan. Selain pelatihan juga dibutuhkan dukungan permodalan.

Program MP3KI menjadi harapan desa-desa di Kecamatan Puring khususnya 7 desa yang akan mengajukan Pelatihan dan Budidaya perikanan air tawar. Desa-desa tersebut antara lain : Pesuruhan, Kedaleman Kulon, Purwoharjo, Tukinggedong, Purwosari, Puliharjo dan Sidoharjo. Gabungan desa-desa ini akan mencoba menjadi pioner untuk hasil perikanan air tawar di Kecamatan Puring.


Ditulis Oleh :Pemdes Pesuruhan | link

_

KIRIMKAN TULISAN ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com
Subjek = "ARTIKEL"
GRATISSSS...........!

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!