Kilas Berita:

Sebanyak 20.560 Siswa Ikuti UN SMP/MTs di Kebumen

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sebanyak 20.560 siswa SMP/MTs di Kebumen, mulai Senin (5/5) akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014. Pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs dijadwalkan berlangsung hingga Kamis (8/5) mendatang.

Merujuk data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kebumen, peserta UN terdiri atas 14.621 siswa dari 116 SMP negeri dan swasta. Kemudian sejumlah 5.939 peserta berasal dari 85 MTs negeri dan swasta yang tersebar di 26 kecamatan.

Kepala Dinas Dikpora Kebumen Dyah Woro Palupi menjelaskan, empat mata pelajaran yang akan diujikan dalam UN SMP yakni Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, dan Bahasa Inggris. Setiap hari akam dilaksanakan ujian satu mata pelajaran. Bagi yang berhalangan pada ujian utama, ujian susulan dijadwalkan akan dilaksanakan pada 12-15 Mei mendatang.

"Perserta UN susulan ialah mereka yang memberi alasan jelas saat ujian utama," ujar Dyah Woro Palupi kepada Suara Merdeka di usai upacara bendera Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-alun Kebumen, Jumat (2/5).

Lebih lanjut, Dyah Woro menambahkan, naskah soal UN dijadwalkan akan dikirim Sabtu (3/4) ini. Berbeda dengan UN SMA, pengawasan pengawasan UN SMP tidak melibatkan perguruan tinggi, tetapi naskah tetap dijaga ketat untuk kemanan dan mencegah kebocoran soal.

"Kunci penyimpanan soal digembok tiga, masing-masing dipegang Dinas Dikpora, Polri dan pengawas," ujarnya seraya menyebutkan pengawasan UN melibatkan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

Dyah Woro menyampaikan, secara umum kriteria kelulusan UN SMP tahun ini sama dengan tahun sebelumnya yakni nilai UN 60 % dan nilai sekolah (NS) 40 %. Hanya saja perbedaanya ialah persentase nilai rapor dalam penentuan kriteria kelulusan pada UN tahun ini diperbesar dibandingkan tahun sebelumnya. Nilai rapor dihargai 70 % pada penentuan nilai sekolah.

"Sebelumnya komposisi nilai sekolah terdiri atas 40 % rata-rata rapor dan 60 % nilai ujian sekolah. Pada 2014 komposisinya diubah yakni nilai sekolah terdiri atas 70 % nilai rata-rata rapor dan 30 % nilai ujian sekolah," katanya. (SuaraMerdeka)


BAGI PERUSAHAAN ATAU PELAKU USAHA YANG MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA
KIRIMKAN INFORMASI LOWONGAN KERJA ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com
Subjek = "LOWONGAN KERJA"
GRATISSSS...........!

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!