Kilas Berita:

Sate Ayam Ambal Bumbu Rempah

AMBAL (www.beritakebumen.info) - SATE ayam Ambal merupakan salah satu jenis kuliner khas dari Kabupaten Kebumen. Menu santapan ini, memang sudah tidak asing lagi bagi penggemar icip-icip sate di DIY maupun Jawa Tengah. Masyarakat lebih mengenal menu makanan ini dengan nama sate ayam Ambal.

Jika melintas di Jalan Raya Kebumen sempatkanlah mampir di Warung Sate Ayam Asli Ambal Pak Alip, yang merupakan cabang dari Warung Sate Pak Kasman. Lokasinya berada di pinggir ruas Jalan Raya Kebumen, berdekatan dengan Kantor Kejaksaan Negeri Kebumen atau arah timur dari Alun-Alun Kebumen.

Sesuai dengan namanya, makanan ini memang berasal dari sebuah desa di kawasan Kebumen, yakni di Desa Ambal, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Namun, saat ini menu masakan ini sudah tersebar ke berbagai tempat, di seputaran dekat Alun-alun Kebumen maupun di DIY dan Jawa Tengah.

Pada dasarnya, sate ayam Ambal ini tidak jauh berbeda dengan menu sate pada umumnya. Hanya saja jika dibandingkan dengan sate ayam pada umumnya, cara pengolahan dan bumbu yang digunakannya sedikit berbeda. Daging ayam diolah bersama dengan bumbu. Kemudian sate dibakar di atas bara api sedang.

"Karena daging yang digunakan telah dimasak terlebih dulu, maka daging sate ini akan terasa lebih gurih dengan tekstur yang lembut kendati belum dibakar sekalipun. Saat dibakar, aroma khas dari sate ini sangat terasa menggiurkan untuk segera dicicipi," ucap Pak Alip, pengelola warung.

Ia menjelaskan, dalam penyajiannya, sate ayam Ambal yang telah dibakar dihidangkan di dalam piring dengan bumbu biasanya disajikan secara terpisah. Selain itu, sambel saos yang digunakan pun berbeda sari jenis sate lainnya. Untuk sate ayam Ambal ini digunakan sambal tempe kedelai.

Hampir sama dengan jenis sate pada umumnya, sate Ambal ini juga disajikan bersama potongan ketupat yang disesuaikan selera pelanggan. Begitu pesanan datang, maka terhidanglah seporsi sate, plus semangkuk saus bertekstur kasar dengan jejak minyak dan sepiring lontong yang sudah dipotong-potong.

Jika tidak suka dengan lontong ada juga pilihan nasi. Tiap tusuk sate berisi tiga potong daging ayam. Wangi rempah yang terbawa angin langsung menggugah selera makan. Rempah memang menjadi pembeda sate ayam Ambal dengan sate ayam pada umumnya.

Apalagi, sebelum dibakar biasanya daging ayam direndam dalam paduan sembilan rempah selama tiga jam. Kesembilan rempah itu adalah pala, merica, ketumbar, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula Jawa. Campuran ini menghasilkan daging ayam dengan sedikit manis dan gurih.

Rasa saus manis dengan sedikit pedas di belakangnya. Teksturnya mirip saus sate Padang, cuma terasa ada kacangnya. Saus ini menjadi pembeda yang lain, yaitu tempe rebus yang ditumbuk halus dengan sisa rempah yang digunakan untuk merendam daging. Ditambah cabai dan bawang goreng. (Agus Suwarto/krjogja)


______________________________________________________________________________________________________________
KLIK DI SINI
DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL
SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE).
______________________________________________________________________________________________________________
BAGI PERUSAHAAN ATAU PELAKU USAHA YANG MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA
KIRIMKAN INFORMASI LOWONGAN KERJA ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com
Subjek = "LOWONGAN KERJA"
GRATISSSS...........!

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!