Kilas Berita:

Mengurangi Luas Lahan Kritis di Kebumen

Kelestarian hutan dan lahan terjaga jika semua pihak peduli. (Foto : Sukmawan)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Selama tiga tahun terakhir, sedikitnya sudah ada 10 juta pohon yang ditanam dalam program rehabilitasi hutan dan lahan di Kabupaten Kebumen. Hanya saja pohon-pohon tersebut bisa terancam kelestariannya jika tidak ada kepedulian semua pihak.

Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Kebumen, M Sudjangi, begitu yakin 10 juta pohon yang telah ditanam telah mengurangi luas lahan kritis di Kabupaten Kebumen. Menurutnya, luas lahan kritis di Kabupaten Kebumen pada 2010 mencapai 35.329,391 hektare dimana 955,91 hektare diantaranya dalam kondisi lahan sangat kritis.

"Memang belum semua lahan kritis tertangani dengan 10 juta pohon yang telah ditanam. Namun kalau kelestariannya terjaga, sudah cukup signifikan dalam upaya mengurangi luas lahan kritis yang ada di Kabupaten Kebumen," ujar Sudjangi, Senin (19/05/2014).

Bagaimana agar tetap lestari, Sudjangi menegaskan harus diketahui secara pasti kebutuhan kayu dan industri kayu. Tidak kalah penting, mendorong kelompok-kelompok tani hutan agar mampu memanejemen organisasi dengan baik.

"Pemerintah daerah juga harus tegas dengan regulasi yang memproteksi keberadaan hutan dan lahan yang telah direhabilitasi dari berbagai ancaman," tandasnya. (Suk/krjogja.com)


BAGI PERUSAHAAN ATAU PELAKU USAHA YANG MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA
KIRIMKAN INFORMASI LOWONGAN KERJA ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com
Subjek = "LOWONGAN KERJA"
GRATISSSS...........!

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!