Kilas Berita:

Kotoran Ayam Cocok untuk Media Cacing Sutra

JOGJAKARTA (www.beritakebumen.info) - Cacing Sutra (Tubifex sp) merupakan pakan alami paling dalam kegiatan unit perbenihan ikan, terutama pada fase awal (larva) karena memiliki kandungan nutrisi protein 57 persen dan lemak 13 persen. Nutrisi ini baik untuk pertumbuhan ikan dan ukurannya sesuai dengan bukaan mulut larva, di samping itu harganya lebih murah dibandingkan dengan pakan lain.

Sayangnya ketersediaan cacing sutra terbatas dan kebanyakan mengandalkan pencarian tangkapan alam yaitu dari parit saluran air yang banyak mengandung bahan organik sisa limbah pasar atau limbah rumah tangga yang mengalir di saluran pembuangan. Belum ada yang berusaha membudidayakan padahal nilai ekonomisnya tinggi.

"Cacing sutra di alam tidak selalu tersedia sepanjang tahun terutama pada saat musim penghujan, di mana pada saat itu kegiatan pembenihan lele, patin, gurame dan ikan lainnya banyak dilakukan," ungkap mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta Jarot Dwi Handoko.

Ia bersama teman-temannya, Rista Wahyu Mahanani, Mirra Fatharani, dan Imam Try Wibowo lantas melakukan penelitian dengan judul ''Perbandingan Media Kultur terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Cacing Sutra (Tubifex sp)''. Pemeliharaan cacing sutra dalam media kultur sangat sederhana dan mudah dilakukan.

Sumber makanan cacing sutra sudah tersedia dalam media yang telah disediakan antara lain kotoran ayam, kotoran kambing dan juga lumpur biasa. Hasil penelitian menyebutkan kotoran ayam atau kotoran kambing bisa digunakan untuk budidaya cacing sutra karena kotoran ayam dan kambing kaya sumber makanan organik bagi cacing sutra.

Media yang paling baik untuk budidaya cacing sutra berasal dari kotoran ayam karena kandungan organiknya lebih tinggi dibandingkan dengan kotoran kambing.
( Agung Priyo Wicaksono / CN26 / SM )


BAGI PERUSAHAAN ATAU PELAKU USAHA YANG MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA
KIRIMKAN INFORMASI LOWONGAN KERJA ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com
Subjek = "LOWONGAN KERJA"
GRATISSSS...........!

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!