Kilas Berita:

Hemat Waktu, Ketika Warung Melayani Nasabah Bank

...... Lanjutan dari Bank di Warung

AYAH (www.beritakebumen.info) -Bagi petani seperti Kamsi, layanan yang diberikan Siti sangat menghemat waktu. Jarak warung dari rumahnya hanya sekitar tiga kilometer, sedangkan unit BRI terdekat berjarak sekitar 15 km dengan waktu tempuh sekitar satu jam pulang pergi.
“Mudah ambil uang di sini, selain dekat, mudah, mboten antre (tidak antre). Kalo di unit harus nunggu angkot, di sana juga harus antre lagi,” kata bapak berkulit cokelat yang mengaku sudah bertani sejak kecil.
Prayitno, 28 tahun, nasabah BRI lain di Argopeni, sependapat dengan Kamsi. Menurutnya, selain dekat, waktu pelayanan warung Siti juga fleksibel. Hal itu berbeda dengan layanan unit bank yang tutup pukul tiga sore.
"Ada nasabah yang mau menabung Rp100 ribu malu datang ke BRI. Ada juga yang kalau ke bank, nasabah sampai buka sandal dulu." Satria Alexander
“Saya usaha penyedia pulsa untuk konter-konter sekitar sini. Saya tiap hari bisa tiga kali transaksi, pagi pukul sepuluh, pukul dua siang, dan pukul sembilan malam.”
“Efektif ke sini biar cepet gitu loh. Pernah malam hujan ya, (warung) udah tutup mati lampu. Terus saya gedor-gedor aja pintunya, terus saya minta tolong bantuannya untuk bisa ditransferin. Insya Allah jam berapa pun bisa membantu, baguslah,” ujar Prayitno.

Untung ganda

Di samping nasabah yang merasakan manfaat, Agus dan Siti mengaku juga diuntungkan dengan sistem keagenan ini.
Pasalnya, margin keuntungan layanan bank lebih menggiurkan, yaitu sebesar Rp3.500 per transaksi. Jumlah itu lebih besar dengan keuntungan dagangan produk harian sekitar Rp500 hingga Rp1.000 per produk.
“Jualan jasa perbankan ini juga meningkatkan pendapatan kita. Mereka yang datang (mau setor atau tarik) juga sekalian belanja. Jadi kita manfaatnya ganda, selain dapat keuntungan dari BRI, dagangan kita juga tambah laku,” kata Agus yang juga mengelola koperasi unit desa di wilayah itu.
Siti mengatakan ketika layanan ini diperkenalkan tahun lalu, belum banyak warga yang berminat bertransaksi. Namun sekarang, warga yang sebelumnya sudah menjadi nasabah BRI mulai banyak berdatangan dan transaksi per hari bisa mencapai 10 hingga 20 kali.

[ Christine Franciska / Wartawan BBC Indonesia / Link ]

BAGI PERUSAHAAN ATAU PELAKU USAHA YANG MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA
KIRIMKAN INFORMASI LOWONGAN KERJA ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com
Subjek = "LOWONGAN KERJA"
GRATISSSS...........!

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!