Kilas Berita:

BPK: Laporan Keuangan Pemprov Jateng Raih WTP

SEMARANG (www.beritakebumen.info) - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia menilai laporan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah 2013 dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dan dengan paragraf penjelasan.

Laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemprov Jateng itu diserahkan Auditor Utama V BPK RI Bambang Pamungkas kepada Pelaksana Tugas Ketua DPRD Rukma Setyabudi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam rapat paripurna istimewa DPRD Jateng di Semarang, Rabu.

Bambang Pamungkas mengungkapkan bahwa yang menjadi penekanan dalam penilaian BPK RI atas laporan keuangan Pemprov Jateng 2013 adalah aset tanah, jalan, dan tanah irigasi yang bukti kepemilikannya atas nama pemerintah pusat masih perlu divalidasi untuk menyakini keberadaan serta hak penguasaannya.

"Pemprov Jateng juga belum menetapkan kebijakan akutansi penyusutan atas peralatan dan mesin selain alat angkuta, jalan, irigasi, dan jaringan serta aset lain-lain," katanya didampingi Kepala Perwakilan BPK RI Jateng Ignasius Bambang Adiputranta.

Terkait dengan penilaian tersebut, Pemprov Jateng diminta agar mempersiapkan diri untuk menyampaikan laporan keuangan berbasis aktual yang tidak saja menyajikan aspek informasi keuangan yang lebih komprehensif, melainkan juga lebih kompleks sehingga membutuhkan kompetensi serta konsentrasi yang lebih tinggi dalam pengerjaannya.

"Hal tersebut berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Standar Akutansi Pemerintahan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, BPK RI juga mengimbau Pemprov Jateng segera menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan sesuai dengan laporan hasil pemeriksaan. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengakui bahwa berbagai permasalahan mengenai aset muncul sejak penerapan otonomi daerah dan itu menjadi catatan BPK sejak dulu.

"Aset inilah yang sekarang kami kejar benar-benar untuk memberikan status kepemilikan yang jelas," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Menurut Ganjar, Pemprov Jateng juga melakukan pendalaman pada beberapa dinas yang mengelola aset tersebut.

"Kami menemukan beberapa aset milik Pemprov Jateng tapi orang lain yang memiliki, hal-hal seperti inilah yang kami jelaskan ke BPK," ujarnya. (Antara)


______________________________________________________________________________________________________________
KLIK DI SINI
DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL
SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE).
______________________________________________________________________________________________________________
BAGI PERUSAHAAN ATAU PELAKU USAHA YANG MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA
KIRIMKAN INFORMASI LOWONGAN KERJA ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com
Subjek = "LOWONGAN KERJA"
GRATISSSS...........!

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!