Kilas Berita:

Batik Khas Banyumasan, Potensi Besar, Kurang Populer

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pertemuan pengusaha/pembatik se Banyumas-Purbalingga-Banjarnegara-Wonosobo-Cilacap-Kebumen di RM Purwokerto atas inisiatif Unsoed Purwokerto menyimpulkan, adanya kenyataan bahwa Batik Banyumasan merupakan potensi besar, tetapi kurang populer dibanding produksi batik dari Pekalongan, Jogja atau Solo.

"Ini persoalan kita, potensi besar tapi kurang dikenal. Itulah sebabnya melalui pembentukan jejaring antar pengusaha/pembatik se wilayah tersebut, jika konsisten dan kontinyu, harapan untuk menjadi populer kiranya bisa tercapai" kata peneliti, pembina jejaring yang juga pakar batik dari Unsoed Purwokerto, Dr Margani Pinasti SE,MSi,AkCa di sela-sela acara pertemuan tersebut, Kamis (08/05/2014).

Menurut Margani, yang perlu menjadi kepentingan bersama, bicara soal batik Banyumasan harus dibedakan dengan printing/cetakan motif batik pada kain. "Bicara soal batik Banyumasan adalah bicara seni rupa model batik khas Banyumasan dengan sistem benar-benar membatik pakai canting, pakai malam, celup, dan pewarnaan alamiah dari kayu atau daun-daunan yang ada di sekitar pembatik. Kekhasan inilah yang harus lestari dan berkembang, agar pemberian penghargaan oleh Unesco pada 2 Oktober 2009 yang telah menetapkan batik sebagai warisan nenek moyang bangsa Indonesia tidak tercerabut" ujar Margani Pinasti.

Pengusaha batik yang juga masih suka membatik asal Purbalingga, Yoga Prabowo, mengatakan, Ia dan puluhan pembatik lain yang tergabung dalam Paguyuban Batik Tirtamas Selabaya, Purbalingga masih tetap menjaga model membatik dengan bahan-bahan alamiah sekitar. "Selain dengan canting dan malam untuk membatik kain, pewarnaan kain mamsih tetap menggunakan bahan daun jambu biji, kayu makhoni dan lainnya.

Hasil membatik dengan bahan ini ternyata yang paling disukai pembeli dari negara lain. Produk batik kami sudah biasa dipesan oleh orang-orang Eropa, dengan harga Rp 1 juta - Rp 2 juta/kain. Warna kami memang terkesan lusuh atau dop, tapi disitulah khas batik kami, Batik Banyumasan yang tidak ada di daerah lain" ungkapnya.(Ero/krjogja)


BAGI PERUSAHAAN ATAU PELAKU USAHA YANG MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA
KIRIMKAN INFORMASI LOWONGAN KERJA ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com
Subjek = "LOWONGAN KERJA"
GRATISSSS...........!

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!