Kilas Berita:

Anggota Dewan Malas, Dua Kali Rapat Paripurna Gagal

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Dua kali gagalnya agenda rapat paripurna DPRD penyampaian raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2013, mengancam Kabupaten Kebumen tahun ini tanpa APBD Perubahan. Gagalnya sejumlah rapat paripurna DPRD menyusul malasnya anggota dewan menghadiri rapat.

Agenda ini pertama kali gagal digelar pada Senin (5/5). Penyebabnya, dari 50 anggota DPRD, yang menandatangani daftar hadir hanya 14 anggota. Padahal untuk kuorum, minimal yang hadir 50 persen plus satu atau minimal 26 anggota dewan hadir. Selanjutnya, diagendakan kembali pada Kamis (8/5) dan dibatalkan karena dikhawatirkan kembali tidak kuorum.

Meski banyaknya agenda yang terganggu, Bupati H Buyar Winarso menilai kemalasan anggota dewan itu masih wajar. Buyar juga enggan menanggapi adanya boikot dari sejumlah fraksi dan anggota dewan.

“Mungkin teman-teman DPRD masih kecapaian, ngantuknya masih belum hilang setelah pemilu kemarin,” ujar Bupati.

Tak hanya anggota dewan dari partai politik yang berseberangan, tetapi anggota dari partai pengusungnya pada Pemilihan Bupati 2010 lalu juga banyak yang sering tidak menghadiri rapat paripurna.

“Saya tidak memperhatikan sampai kesitu, mungkin karena yang terpilih kembali masih terbawa euforia. Atau yang gagal masih galau karena pencalegan kemarin. Saya anggap itu wajar sifat manusia,” kata dia.

Meski demikian, Buyar optimis DPRD Kebumen akan menyelesaikan tanggungjawabnya tahun ini. “Saya yakin, APBD Perubahan tetap akan ada,” tegasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Budi Hianto Susanto menegaskan, DPRD akan membahas semua agenda yang tertunda dalam waktu dekat. Sayangya, Budi Hianto tidak menjelaskan jadwal pastinya rapat paripurna digelar. “Kita sudah rapatkan, akhir bulan ini selesai,” ujarnya singkat.

Sejumlah rapat paripurna gagal digelar pasca Pemilu Legislatif, yakni rapat paripurna istimewa penyampaian rekomendasi pembahasan Pansus terhadap LKPJ Bupati Kebumen tahun 2013. Selanjutnya, rapat paripurna Kamis (24/4) juga gagal digelar. Pada hari tersebut, seharusnya Pansus I, II, dan II menyampaikan pembahasan lima raperda.

Lima raperda itu, meliputi raperda tentang pembelajaran dan baca tulis Alquran, raperda tentang retribusi pelayanan pendidikan, raperda perlindungan calon TKI/TKI. Raperda penyelenggaraan penanggulangan bencana, dan raperda perubahan keempat atas peraturan daerah Kabupaten Kebumen Nomor 14 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja lembaga teknis, satuan polisi pamong praja dan kantor pelayanan perizinan terpadu. Batalnya, rapat paripurna tersebut disebabkan pembahasan di tingkat belum selesai. Terakhir rapat paripurna penyampaian raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2013. (ori/sus/Radarbanyumas)


BAGI PERUSAHAAN ATAU PELAKU USAHA YANG MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA
KIRIMKAN INFORMASI LOWONGAN KERJA ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com
Subjek = "LOWONGAN KERJA"
GRATISSSS...........!

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!