Kilas Berita:

Terserang Hama Merah, Musim Panen Tahun Ini Petani Merugi

AYAH (www.beritakebumen.info) - Pada musim panen padi tahun ini, puluhan hektar sawah padi milik petani terancam gagal panen akibat terkena hama aneh. Serangan hama aneh tersebut mengakibatkan tanaman padi milik petani berwarna merah gosong atau seperti terbakar. Serangan hama tersebut oleh para petani di Kecamatan Ayah dinamai serangan hama merah.

"Serangan hama itu hampir merata terjadi diseluruh lahan sawah diwilayah kecamatan Ayah. Atas kondisi tersebut, rata-rata petani hanya bisa memanen sekitar 50 persen sampai 60 persen hasil tanam padi mereka. Sehingga akibatnya, para petani menderita kerugian yang tidak sedikit,"ungkap Maryatun, penyuluh lapangan UPT Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) kecamatan Ayah Kebumen.

Maryatun juga menambahkan,serangan hama musim panen tahun ini tergolong cukup parah ketimbang musim panen sebelumnya. Serangan hama merah ini juga baru mulai ada pada musim tanam tahun ini. Menurutnya sudah berbagai jenis pestisida yang disemprotkan ke hama tersebut, namun kurang efektif juga. Namun setelah diuji coba, untuk menekan perkembangan serangan hama merah tersebut, memang petani harus menyemprot setiap hari tanaman padi mereka dengan pestisida. Meskipun sampai pada waktu panen, tetap saja hanya sekitar 50 persen sampai 60 persen padi yang bisa terpanen.

Menurutnya,serangan hama merah tersebut diperkirakan sebagai serangan hama musiman. Karena serangan hama tersebut tidak hanya dialami para petani diwilayah kecamatan Ayah saja. Dibeberapa wilayah lain, seperti lahan sawah petani kabupaten Cilacap dan Banyumas juga mengalami serangan hama yang sama.

"Kita juga masih terus berupaya mencari tau penyebab dan solusi serangan hama merah ini,"tuturnya (bento)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!