Kilas Berita:

Senam Sehat Bikin Lansia Tetap Energik

ADIMULYO (www.beritakebumen.info) - Usia senja tak berarti harus tidur-tiduran atau ‘malas-malasan’ di rumah tanpa kegiatan bermanfaat. Sebab, kesehatan dan kebugaran tubuh tetap harus dijaga. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan senam.

Ini seperti yang dilakukan kelompok lansia Sedyo Gawe Rahayu (Segar) binaan Puskesmas Adimulyo yang menggelar senam sehat massal di Lapangan Desa Kemujan Kecamatan Adimulyo, Jumat (11/4).
Ratusan peserta tampak mengikuti kegiatan senam sehat massal yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB itu. Mereka yang ikut tak hanya kaum lansia saja. Kader kesehatan, perangkat desa, pegawai UPTD, Mapolsek bahkan hingga anak sekolah. Bahkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen dr Hj Rini Kristiani MKes berkenan hadir bersama Kepala Puskesmas Adimulyo dr H Supriyadi, Kapolsek Adimulyo AKP Surono dan jajarannya serta Camat Adimulyo Suto Hadi Andoyo.

Meski usianya sudah tak muda lagi, namun semangat para lansia ini masih berapi-api. Mereka terlihat antusias mengikuti gerakan senam arahan instruktur. Sembari sesekali tersenyum dan saling melontarkan candaan, para peserta senam lansia tetap aktif menggerak-gerakkan seluruh bagian tubuhnya.
Candaan keluar saat instruktur memeragakan bagian senam yang cukup sulit. “Awas ojo nekuk-nekuk mengko ora mbalik,” canda seorang lansia yang disambut tawa lainnya.

Agar bisa diikuti semua peserta, senam sehat kemarin menampilkan tiga jenis senam. Yakni SKJ, aerobik serta senam terapi.

Kepala Puskesmas Adimulyo dr H Supriyadi menjelaskan, selain untuk menyambut Hari Kartini, kegiatan tersebut juga untuk menjalin tali silaturahmi antar kader posyandu dan lansia dalam mewujudkan pola hidup bersih dan sehat yang selama ini menjadi program bersama.

“Ini sebenarnya kegiatan rutin tiap minggu, cuma untuk kali ini kita gabung bersama masyarakat umum ,” ujar dr Supriyadi usai senam tersebut.

Dia menjelaskan, senam sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya lansia. Karena senam bisa membuat sehat jasmani dan rohani. Dengan demikian, lansia bisa tetap semangat dan energik. “Usia boleh tua, tapi semangatnya harus tetap muda,” tegasnya.

dr Supriyadi menambahkan, senam lansia di Adimulyo rutin digelar tiap hari Sabtu. Lokasinya ada di tiga tempat. Yakni di Desa Kemujan, Sidomukti serta Arjomulyo. Saat ini tercatat sedikitnya ada 500 peserta yang aktif ikut senam.

Pada acara kemarin, peserta senam juga berkesempatan mendapatkan ratusan doorprize menarik berupa peralatan rumah tangga, barang elektronik, hingga peralatan shalat. Hebatnya, doorprize itu merupakan saweran dari sejumlah kelompok maupun instansi yang ada di Kecamatan Adimulyo.
“Kami berterima kasih karena masyarakat sangat antusias mendukung acara ini,” imbuh dr Supriyadi.
Sumarti (67), salah satu lansia dari Desa Sekarteja Kecamatan Adimulyo mengaku rutin ikut senam sehat di halaman Kecamatan Adimulyo. “Selain untuk berolahraga, acara seperti itu juga untuk silahturahmi dengan sesama kaum lansia,” ujar dia. (has/bdg/Radarbanyumas)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!