Kilas Berita:

Pengawasan UN Libatkan 93 Dosen

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sebanyak 93 dosen dari perguruan tinggi Negeri dan swasta di Kebumen terlibat sebagai pengawas pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2014 tingkat SMA/SMK/MA yang mulai dilaksanakan hari ini, Senin (14/4/2014) hingga Rabu (16/4/2014) besok. Keterlibatan dosen perguruan tinggi sebagai pengawas pada UN kali ini sesuai Standar Operasioan Procedur (SOP) kepanitiaan pelaksanaan UN.

"Keterlibatan dosen tersebut juga sama dengan aturan UN tahun lalu, sebagaimana pengawas UN diambil dari instansi pendidikan Perguruan Tinggi. Hal itu bertujuan agar pengawas UN lebih netral dan berkualitas,"kata Ketua Pengawas UN Kebumen,Drs Bambang Prishardoyo.

Dia menambahkan, sebelum pelaksanaan UN , pihaknya memberikan pembekalan aturan pelaksanaan pengawasan UN kepada sejumlah dosen yang akan bertugas menjadi pengawas. Sebagaimana pada saat mengawasi UN, seorang pengawas juga tidak diperkenankan membawa hanphone, koran, buku dan barang-barang lain yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan UN keruang kelas.

Sementara itu, Kepala Bidan Pendidikan Menengah (Dikmen) Dikpora Kebumen, Drs H Sudirman menyampaikan, jumlah peserta UN tingkat SMA/SMK/MA tahun ajaran 2013/2014 besok ada 15.511 peserta. Jumlah tersebut terdiri atas 3.470 siswa dari SMA Negeri dan swasta, 10.338 siswa SMK Negeri swasta kemudian 1.691 siswa Madrasah Aliah (MA) Negeri swasta sekabupaten Kebumen serta 12 siswa dari SMALB.

Terangnya lagi, untuk jumlah SMA/SMK negeri swasta sekabupaten Kebumen sendiri ada 62 . Namun 7 sekolah yang baru berdiri tidak mengikuti UN, pasalnya pada UN tahun ini belum ada murid kelas tiganya. Sehingga hanya 55 sekolah SMA/SMK Negeri swasta yang mengikuti UN. Sedangkan untuk sekolah MA Negeri swasta di Kebumen yang menyelenggarakan UN ada 18 MA Negeri dan Swasta. Dari jumlah seluruh sekolah tersebut, ada beberapa sekolahan yang penyelenggaraan UN nya digabung dengan sekolah lain. Penggabungan tersebut karena dibeberapa sekolah tersebut jumlah siswanyapeserta UN nya kurang dari 20. Mengingat untuk menyelenggarakan UN sendiri, sekolah minimal mempunyai 20 peserta UN .

"Jadwal UN sendiri, pada hari pertama , Senin (14/4) mapel Bahasa Indonesia,hari kedua, Selasa (15/4) Matematika dan hari ketiga, Rabu (16/4) Bahasa Inggris," pungkasnya didampingi Kasi Kurikulum dan Peningkatan Mutu SMK Dinas Dikpora Kebumen, Dra Budi Nurhayati.(ben/BK)

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!