Kilas Berita:

Kebumen Juara Lomba Pengolah Pangan Pokok Lokal

SEMARANG (www.beritakebumen.info) - Tingginya import dari bahan tepung terigu yang ada di pasaran tidak dapat dibiarkan begitu saja. Agar tidak bergantung pada produk impor, masyarakat terus didorong memperkuat sektor pertanian untuk mencapai kedaulatan pangan.

"Ini tidak main-main. Bagaimana kita bicara kemandirian dan kedaulatan pangan kalau kebijakan eksport import tidak diperhatikan, khususnya untuk bahan pangan. Hal ini penting karena menyentuh kedaulatan bangsa," tegas Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi saat memberi arahan pada Lomba Cipta Menu Pangan Olahan Berbahan Baku Lokal, di Gedung Wanita, Selasa (22/4).

Ditambahkan, mewujudkan kedaulatan pangan tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah provinsi. Seluruh pihak mesti memiliki komitmen untuk memberdayakan potensi lokal, sehingga dapat menekan impor pangan. Termasuk, pemerintah pusat yang diharapkan lebih memperhitungkan dalam mengambil kebijakan impor.

Selain itu, peran masyarakat juga sangat besar untuk dapat menekan impor pangan. Antara lain, dengan lebih peduli terhadap pangan lokal, serta menghindari pangan olahan berbahan baku impor, seperti terigu. Kreativitas mengolah bahan baku lokal sangat diperlukan, untuk memberikan variasi rasa. Event lomba cipta menu pangan olahan berbahan baku lokal, dinilai cukup tepat dalam merangsang masyarakat untuk terus berkreasi memberdayakan bahan makanan lokal.

"Sebenarnya, kalau dilakukan saat ini saja (hanya event lomba) nggak cukup. Tapi setidaknya dengan kegiatan ini dapat mengajak masyarakat untuk mencintai pangan lokal, dan menekan impor pangan. Apalagi impor tepung terigu terus terjadi, dan ini menjadi perhatian bersama," kata dia.

Lomba cipta menu pangan olahan berbahan baku lokal tersebut diikuti 35 kabupaten/ kota di Jawa Tengah. Terpilih sebagai Juara I dari Kabupaten Semarang, Juara II Kabupaten Klaten, dan Juara III Kabupaten Banjarnegara. Juara Harapan I Kabupaten Wonosobo, Juara Harapan II Kabupaten Demak, dan Juara Harapan III Kabupaten Blora. Selain itu, juga diselenggarakan lomba dengan kategori pengolah pangan pokok lokal terbaik yang dimenangkan Kabupaten Kebumen, serta kategori pengolah pangan lokal penutup terbaik diraih Kabupaten Sragen. (jatengprov)


BAGI PERUSAHAAN ATAU PELAKU USAHA YANG MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA
KIRIMKAN INFORMASI LOWONGAN KERJA ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com
Subjek = "LOWONGAN KERJA"
GRATISSSS...........!

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!