Kilas Berita:

Foto: Manisnya Gula Merah Kebumen Selatan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info)
Setiap pagi, warga di pesisir Kebumen, Jawa Tengah, menghabiskan waktu untuk mendulang air nira di pohon-pohon kelapa untuk diolah menjadi gula merah. Kasidin, putra pertama Kaminem adalah salah satunya.
Sebelum naik ke pohon kelapa, Kasidin mengambil ember-ember cat sebagai wadah dan menuangkan air gamping (air kapur), yang berfungsi membuat air nira yang nantinya ditempatkan di ember-ember itu tetap segar. Para pendulang air nira ini disebut oleh orang lokal sebagai penderes.
Memanjat pohon kelapa merupakan keahlian alami yang dipelajari warga Kecamatan Ayah sejak kecil. Para penderes biasanya naik pohon pagi hari ketika air nira keluar lebih banyak.
Air nira diambil dari dari bunga kelapa yang belum mekar. Bunga itu dikikis dengan menggunakan parang dan air yang menetes ditampung dalam ember cat. "Dua pohon kelapa bisa dapat tiga ember," katanya.
Air nira yang berwarna putih ini lalu dikumpulkan untuk kemudian dimasak. Lima liter air biasanya bisa menghasilkan sekitar lima kilogram gula merah.
Kaminem, ibu Kasidin, lalu memasak air nira di dapur rumahnya. Biasanya butuh dua sampai tiga jam untuk membuat air nira mengental. Perempuan berusia 65 tahun ini mengaku memproduksi gula setiap hari.
Setelah mengental dan berubah menjadi cokelat, gula merah atau dikenal juga dengan gula kelapa siap dicetak.
Sehari Kaminem mengaku bisa menghasilkan 11 kilogram gula merah. "Sekarang harganya Rp6.000 per kilo, dulu waktu Kelud meletus harga bagus bisa sampai Rp10.000," katanya.
Ini adalah mata pencaharian utama warga di Kecamatan Ayah. Tursino, tokoh nelayan dan tani di daerah itu memperkirakan sekitar 80 ton gula merah diproduksi oleh 10.000 keluarga per hari.
Daerah pesisir merupakan surga bagi para penderes yang menggantungkan hidupnya dari gula merah. Selain dijual ke pasar-pasar, gula merah juga dipasok sebagai bahan baku ke pabrik-pabrik kecap di sekitar Jawa.

Foto-foto: Christine Franciska: BBC


BAGI PERUSAHAAN ATAU PELAKU USAHA YANG MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA
KIRIMKAN INFORMASI LOWONGAN KERJA ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com
Subjek = "LOWONGAN KERJA"
GRATISSSS...........!

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!