Kilas Berita:

120 Koperasi di Kebumen Tak Aktif

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Dinas Koperasi dan UMKM Kebumen mencatat terdapat sekitar 505 koperasi di Kebumen. Dari jumlah hanya 385 koperasi yang masih aktif. Sisanya yakni 120 koperasi sudah tidak aktif lagi yang sebagian besar merupakan KUD dan koperasi tani.

Demikian mengemuka dalam acara Selamat Pagi Kebumen (SPK) di Ratih TV Kebumen, Senin (7/4). Ketua DewanmKoperasi Indonesia (Dekopin) Kebumen Joko Sutrisno mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan untuk mengoptimalkan keberadaan koperasi di Kebumen. Antara lain pembenahan kembali kinerja Koperasi Simpan Pinjam dan Usaha Simpan Pinjam (KSP-USP) dan pengelolaan secara profesional usaha mikro.

"Selain itu juga diperlukan lembaga fungsional yang akan memantau kondisi koperasi-koperasi serta adanya dukungan dari perbankan," ujar Joko Sutrisno.

Joko menambahkan, sosialisasi dan pengenalan koperasi kepada masyarakat harus terus dilakukan. Pasalnya kurang dikenalnya koperasi di kalangan masyarakat luas menjadi salah satu penyebab terpuruknya koperasi saat ini.

Selain itu keterbatasan pasar dan teknologi, keterbatasan akses modal dan keterbatasan sumber daya manusia yang berkecimpung di koperasi, menjadikan koperasi semakin tertinggal.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Maskhemi menambahkan, sebagai upaya membantu para wirausaha dan UMKM, khususnya di bidang akses modal pihaknya embantu dalam bentuk penyertifikatan tanah. Sertifikat tanah itu nantinya bisa dijadikan sebagai agunan untuk menambah modal usaha mereka.

"Di Kebumen saat ini terdapat sekurangnya 42.000 lebih para pelaku UMKM," imbuh Maskhemi. (SuaraMerdeka)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!