Kilas Berita:

Sepuluh Desa Mendapat Penyuluhan Hukum

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sebanyak 10 Desa di wilayah Kabupaten Kebumen mendapat penyuluhan hukum pada tahun 2014. Penyuluhan yang diselenggarakan oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Kebumen ini berlansung dalam dua tahap. Tahap pertama berlangsung di 5 desa yakni di Desa Karangtengah Kecamatan Alian (11/3), Desa Totogan Kecamatan Karangsambung (12/3), Desa Prigi Kecamatan Pejagoan (13/3),Desa Bumiagung Kecamatan Rowokele (19/3) dan Desa Mulyosri Kecamatan Prembun (20/3).

Menurut Bakohumas Bagian Hukum Setda Kebumen Muhadi,SH, MH, tujuan dari penyuluhan yang didanai APBD 2014 ini adalah untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat terutama di wilayah pedesaan. Peserta penyuluhan di tiap desa sebanyak 50 orang yang terdiri dari perangkat desa, BPD, LKMD, PKK, Karang taruna serta tokoh masyarakat. Sedangkan untuk narasumber dari Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Badan Pertanahan Nasional Kabupaten kebumen serta Bagian Hukum Setda Kebumen.

Materi yang disampaikan mencakup ketentraman dan ketertiban lingkungan, tindak pidana korupsi, penyelesaian permasalahan di pengadilan negeri,perceraian dan akibat hukumnya, hukum pertanahan serta produk hukum desa. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan informasi telah diundangkannya UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, meskipun peraturan pelaksanaannya belum terbit.

Masyarakat cukup antusias dalam mengikuti penyuluhan. Setidaknya terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta. Masalah yang paling sering ditanyakan terutama terkait dengan penyertifikatan tanah, pernikahan dan perceraian. (bk01/mat/kebumenkab)

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!