Kilas Berita:

Rencana Ekspor Beras Terkendala Kualitas

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kendati sudah banyak permintaan untuk mengekspor beras analog Kebumen ke sejumlah negara Asia, namun hingga kini realisasinya masih terkendala faktor kuantitas dan kualitas. Kendala kuantitas adalah berupa keterbatasan sarana berupa mesin pencetak beras, sehingga jumlah produksi belum maksimal.

"Adapun kendala kualitasnya masih banyak, diantaranya belum selesainya uji kimia di Balai Penelitian Obat dan Makanan (BPOM) Jawa Tengah, belum sempurnanya kemasan dan belum selesainya proses permohonan izin produksi dari instansi berwenang," beber Kepala Seksi Kewaspadaan Pengawasan Pangan dan Gizi Kantor Ketahanan Pangan Kebumen, Kristiana Marahastuti MP, di ruang kerjanya, Jumat (28/03/2014).

Menurut Kristiana, sejumlah kekurangan yang masih ada pada beras berbahan baku singkong dan jagung itu merupakan hal wajar, mengingat merupakan produk baru yang masih membutuhkan penyempurnaan. Namun secara fisik, produk yang dihasilkan pada November 2013 lalu ternyata pada Maret 2014 masih baik dan bisa dikonsumsi. Sedangkan pada kemasannya, masih belum tercetak waktu kadaluwarsa dan kandungan gizinya.

"Sambil menunggu terselesaikannya semua proses uji laboratorium dan perizinannya, kami hanya memasarkannya terlebih dahulu pada konsumen yang langsung memesan kepada kami. Belum dipasarkan di tempat-tempat perdagangan umum," ujar Kristiana.

Dikatakan, target terdekat saat ini beras produksi Kelompok 'Mutiara Baru' Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung Kebumen itu adalah menjadi bahan pangan alternatif mendampingi beras padi-padian di lingkup dalam negeri. Sedangkan ekspornya merupakan rencana jangka panjangnya. (Dwi/KRjogja.com)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!