Kilas Berita:

Raskin November Disalurkan Maret

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Alokasi raskin November tahun ini sudah disalurkan pada Maret. Adapun alokasi raskin Desember didistribusikan April mendatang. Desa-desa yang mendapat pembagian raskin kali ini pun dobel.
Kebijakan dari Pemkab Kebumen itu merupakan tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah Pusat yang menganjurkan agar penyaluran raskin dipercepat.

"Kami lakukan secara bertahap. Untuk alokasi November disalurkan pada Maret, sedangkan alokasi Desember pada April," kata Kabag Perekonomian Setda Pemkab Kebumen Wahyu Siswanti, kemarin.

Raskin yang perkantorannya 15 kilogram itu untuk 107.486 rumah tangga sasaran (RTS). Mereka yang menerima raskin pada bulan ini mendapat dobel, yakni 30 kilogram. Jumlah RTS tahun ini sama dengan tahun sebelumnya.

Distribusi diawali pada akhir Januari dan dilanjutkan pada Februari. Selanjutnya, karena ada anjuran percepatan dari pemerintah pusat, kali ini didistribusikan raskin alokasi Maret sekaligus November.

Dasarnya yakni hasil rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden SBY pada 7 Februari, di Istana Negara yang menetapkan rencana percepatan penyaluran raskin tahun ini.

Sesuai Jadwal

Percepatan penyaluran tersebut diambil alokasi November dan Desember yang dibersamakan dengan alokasi Februari dan Maret, sehingga RTS menerima 2 x 15 kilogram.

Wahyu menjelaskan, di Kebumen yang baru melakukan pada Maret ini karena pada Februari sudah diselesaikan. Adapun alokasi November dan Desember yang tidak sekalian disalurkan pada Maret ini mengingat di lapangan yakni di Desa, dilakukan per alokasi. Untuk alokasi Desember akan disalurkan pada April mendatang.

Lebih lanjut, distribusi raskin dilakukan sesuai jadwal. Setiap harinya ada sekitar tiga kecamatan. Waktu pengirimannya pada Senin-Kamis. "Jadi, kami butuh waktu sekitar dua minggu untuk distribusi raskin ke desa-desa," imbuh Wahyu sembari berharap kelancaran dalam pendistribusiannya.

Pengiriman raskin dengan menggunakan truk itu ditujukan ke kantor desa atau kantor kelurahan. Seperti saat pengiriman raskin ke Kantor Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Selasa (18/3).

Lurah Panjer Siti Hidayatun didampingi Kasi Pemberdayaan Masyarakat muh Nandir mengatakan, alokasi raskin untuk Kelurahan Panjer ada 373 kantong, dimana tiap-tiap kantong berisi 15 kilogram beras. Raskin yang didistribusikan tersebut langsung disalurkan ke penerima. (K5-42/Suaramerdeka)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!