Kilas Berita:

PNS Kebumen Dilarang Gunakan Elpiji Tabung 3 Kg

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kebumen dilarang menggunakan elpiji tabung 3 kg. Imbauan itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen Adi Pandoyo melalui surat edaran Nomor: 540/0263/ 2014 tentang larangan penggunaan elpiji tabung 3 kg.

Imbauan itu disampaikan sebagai upaya agar penggunaan elpiji tabung 3 kg sesuai peruntukan dan untuk menjamin ketersediaan barang di pasaran. Dalam surat edaran itu disebutkan, berdasarkan ketentuan yang mengatur pendistribusian dan sasaran pengguna elpiji tabung 3 kg, kriteria rumah tangga pengguna elpiji 3 kg yaitu yang mempunyai penghasilan tidak lebih dari Rp 1,5 juta/bulan.

Hal itu dibuktikan melalui slip gaji atau pengeluaran tidak lebih dari Rp 1,5 juta/bulan. Atau dengan surat keterangan tidak mampu dari desa/kelurahan setempat. "Kepada PNS selain dengan kriteria tersebut, agar tidak menggunakan elpigi tabung 3 kg," ujar Sekda Adi Pandoyo Kamis (6/3).

Ketentuan pendistribusian dan sasaran pengguna elpiji tabung 3 kg diatur melalui Perpres RI nomor 104 tahun 2007 tentang penyediaan, pendistribusian dan penetapan harga elpiji tabung 3 kg, yang ditindaklanjuti dengan Permen ESDM nomor 26 tahun 2009 tentang penyediaan dan pendistribusian elpiji.

Kasubag Bina Produksi Produksi Bagian Perekonomian Liftyawati Anggraeni menyampaikan larangan penggunaan elpiji tabung 3 kg juga disampaikan kepada pelaku usaha restoran dan hotel. Tentunya bagi mereka yang memiliki modal usaha di atas Rp 50 juta di luar modal tanah dan bangunan.

Adapun imbauan PNS tidak menggunakan elpiji 3 kg dilatarbelakangi oleh adanya kondisi persediaan elpiji 3 kg di pasaran yang kian susah dicari karena tidak berimbangnya antara persediaan dengan permintaan pasar. Penyebabnya dimungkinkan karena penggunaan elpiji 3 kg yang tidak tepat sasaran atau karena adanya kenaikan harga elpiji 12 kg.

Kasie Perlindungan Konsumen Dinas Perindagsar Kebumen Agung Patuh menyampaikan, saat ini pihaknya melakukan penataan ulang terkait penyebaran pangkalan elpiji 3 kg agar lebih proporsional. Meski memiliki 26 kecamatan, jumlah agen elpiji 3 kg di Kebumen hanya 10 agen dengan jumlah pangkalan di 434 titik.
( Supriyanto / CN34 / Suaramerdeka )



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!