Kilas Berita:

Pemkab Kenakan Retribusi Pembuangan Tinja

Instalasi pengolahan limbah cair di TPA Kaligending Karangsambung. (Foto : Sukmawan)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pemkab Kebumen bakal menarik retribusi pengolahan limbah cair. Untuk limbah cair rumah tangga, retribusinya Rp 20.000 setiap 0-4 meter kubik.

Retribusi pengolahan limbah cair diatur dalam peraturan daerah (perda) yang ditetapkan DPRD Kebumen, Senin (10/03/2014). Perda tersebut menjadi upaya Pemkab Kebumen menciptakan lingkungan sehat, dan mencegah penyebaran penyakit menular.

Pengolahan limbah cair akan mengurangi pencemaran lingkungan khususnya kualitas air menyusul maraknya jasa penyedot limbah cair dan tinja yang membuang begitu saja hasil sedotannya ke sungai atau saluran irigasi.

"Dampak negatif dari limbah cair yang tidak diolah, akan menimbulkan pencemaran sehingga memerlukan biaya untuk mengolahnya," jelas Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Kebumen, Masagus Herunoto.

Perda retribusi pengolahan limbah cair, memisahkan limbah cair menjadi grey water yang berasal dari aktivitas dapur, pencucian pakaian, dan kamar mandi, serta black water yang berasal dari tinja.

Selain itu dari kegiatan industri seperti sisa proses industri, proses pencucian peralatan, proses pendinginan, dan tumpahan bahan baku cair.

"Limbah cair akan diolah di instalasi pengolahan yang ada di TPA Kaligending Karangsambung. Hasil pengolahan yang sudah aman, dialirkan ke sungai," lanjut Herunoto.

Untuk limbah cair rumah tangga dikenakan retribusi Rp 20.000 dan tinja Rp 30.000 setiap 0-4 meter kubik. Limbah cair perkantoran, hotel, restoran, rumah makan, dan pertokoan Rp 40.000 dan tinja Rp 50.000 untuk 0-4 meter kubik.

Sedangkan limbah cair industri, 0-4 meter kubik dikenakan retribusi Rp 30.000 untuk industri kecil, Rp 40.000 industri menengah, dan Rp 50.000 untuk industri besar. "Ada sanksinya jika membuang limbah cair sembarangan. Sanksi diatur dalam perda tersendiri," tandas Herunoto. (Suk/krjogja.com)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!