Kilas Berita:

Ketua Rt/Rw Bakal Terima Insentif

Penerapan UU Desa

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Adanya RUU Desa yang direncanakan oleh Pemerintah, dengan menggelontorkan dana sebanyak Rp 1 miliar per desa ternyata tidak hanya akan membawa kebahagiaan bagi pemerintah desa saja. Para ketua Rt dan Rw serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) juga boleh ikut berbahagia. Pasalnya, didalam RUU Desa, tertuang bahwa ketua Rt/ Rw dan BPD juga akan mendapatkan insentif.

Untuk pengaturan insentif dalam RUU Desa bagi ketua Rt/Rw dan BPD sendiri diatur sebagai lembaga kemasyarakatan desa. Dengan adanya rencana pemberian insentif tersebut, kinerja pelayanan ketua Rt/Rw dan BPD diharapkan bisa jauh lebih baik lagi. Mengingat mereka merupakan ujung tombak pelayanan Pemerintah kepada masyarakat, dan selama ini justru sama sekali tidak sedikitpun diberi kesejahteraan. Hal itu disampaikan Drs H Akhmad Muqowam ,Anggota DPR-RI dari Komisi II Partai PPP yang juga ketua Pansus RUU Desa.

Muqowam menambahkan, UU Desa tersebut merupakan sebuah kesempatan baik bagi pemerintah daerah ataupun Kades untuk menjadikan dan membangun desa seperti yang diinginkan. Karena dengan adanya UU desa, Kades akan mempunyai kewenangan yang lebih besar dalam mengatur masyarakatnya. Berbeda dnegan sebelumnya, meski banyak sekali dana Bansos yang digelontorkan oleh pemerintah pusat ke Desa, namun sebagian besar tidak semuanya sampai ke tujuan . Bahkan jumlah besaran dana bansos yang digelontorkan Pemerintah Pusat ke Desa juga tidak jelas.

Lanjut dia, kepada Kades juga diharapkan tidak usah khawatir akan mengalami kesulitan dalam menjalankan UU Desa. Pasalnya, dalam waktu dekat ini Pemerintah Pusat juga akan membuatkan Peraturan Pemerintah (PP) Desa untuk mendorong berjalanya UU Desa. Dalam rencana pembuatan PP Desa tersebut, pemerintah membagi dalam dua macam, yakni PP Keuangan Desa dan PP Desa. “Kemungkinan pada akhir bulan Mei ini PP tersebut sudah jadi,”katanya.(ben/bdg/radarbanyumas)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!