Kilas Berita:

KBRI Beijing Promosikan Ikon Kuliner Tradisional Indonesia

BEIJING (www.beritakebumen.info) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing bekerjasama dengan Grand Millennium Hotel Beijing dan Garuda Indonesia menyelenggarakan Indonesian Food Festival (IFF) 2014, di CBD Cafe, Grand Millennium Hotel Beijing, Senin (24/3).

Duta Besar RI untuk RRT Soegeng Rahardjo dalam sambutan pembukaan mengatakan, sebenarnya segala perbedaan yang ada diantara bangsa-bangsa di dunia dapat dijembatani oleh diplomasi kuliner. “Dengan mencicipi cita rasa masakan Indonesia, diharapkan masyarakat Tiongkok akan semakin terdorong untuk lebih mengenal dan mengunjungi Indonesia,” ujarnya.

Dubes menyebutkan, beberapa jenis masakan Indonesia, seperti rendang, sate dan gado-gado telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai salah satu dari makanan terlezat di dunia. Karena itu, Dube meyakini masakan Indonesia juga dapat menjadi salah satu menu favorit bagi masyarakat Tiongkok.

Dubes Soegeng juga menyampaikan bahwa seni kuliner suatu bangsa merupakan cerminan dari tradisi dan kebudayaan bangsa tersebut. Oleh karena itu, masakan Indonesia yang kaya akan rasa itu merupakan refleksi dari kemajemukan masyarakatnya yang hidup secara harmonis.

Dalam kesempatan pembukaan IFF 2014 ini, KBRI Beijing juga telah meluncurkan dan membagikan terjemahan bahasa Mandarin buku 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia. Buku tersebut diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, dan berisikan resep untuk ketigapuluh ikon kuliner dimaksud.

Hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah pejabat pemerintahan—termasuk dari Asosiasi Restoran Beijing, Komisi Nasional Keamanan Pangan, dan Asosiasi Industri Makanan Nasional Tiongkok—serta pihak-pihak swasta yang bergerak di bidang kuliner. Hadir pula para jurnalis dari berbagai media massa setempat serta kritikus kuliner.

IFF 2014, yang soft launching-nya dilakukan pada Jumat (21/3) ini akan berlangsung di Grand Millennium Hotel Beijing sampai tanggal 31 Maret 2014. Untuk mendukung festival ini, pihak hotel telah membawa dua chef dari Millennium Hotel Sirih Jakarta. (KBRI Beijing/ES/setkab.go.id)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!