Kilas Berita:

Jateng Nomor Tiga Nasional Penyalahgunaan Narkoba

JATENG (www.beritakebumen.info) - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah, Soetarmono mengatakan, pembentukan BNNK di semua kabupaten/kota dirasa sangat penting.

Hal itu untuk menekan dan mengurangi peredaran narkoba yang saat ini semakin memprihatinkan.

"Harusnya di semua kabupaten/kota itu ada. Saat ini baru lima yang memiliki BNNK, yakni, Kabupaten Batang, Kendal, Purbalingga, Temanggung dan Cilacap lainnya belum ada," ujarnya dalam acara launching BNNK Temanggung, Senin (24/3).

Menurutnya, beberapa kota di Jateng rawan peredaran narkotika psikotropika dan bahan adiktif (narkoba). Antara lain, Solo, Salatiga, Tegal, Banyumas, Purwokerto, Wonosobo.

Saat ini Jateng merupakan provinsi terbesar ke tiga soal penyalagunaan narkotika dengan jumlah pengguna jenis sabu terbanyak setelah DKI Jakarta dan Jawa Timur.

"Kabupaten Temanggung juga masuk dalam kategori rawan peredaran narkoba, terutama di Kecamatan Parakan yang menjadi segitiga emas peredaran narkoba, makanya di bentuk BNNK. Lebih memprihatinkan pengguna narkotika rata-rata usia produktif, sekitar umur 30 tahun, baik itu pelajar maupun mahasiswa," tuturnya.

Disebutkan, jumlah pecandu narkoba secara nasional, saat ini tercatat mencapai 1,9 persen jumlah penduduk atau sekitar 3,6 juta jiwa.

Jika permasalahan narkotika tidak ditangani, maka diproyeksikan pada tahun 2015 jumlah pecandu akan meningkat menjadi 5,1 juta jiwa.

Untuk itu dia menggarisbahwahi pentingnya BNN mempunyai kepanjangan tangan hingga kabupaten kota, untuk menekan peredaran narkotika di daerah. Kemudian butuh kepedulian semua pihak.
( Raditia Yoni Ariya / CN37 / Suaramerdeka )



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!