Kilas Berita:

Banyak Perusahaan Tak Kantongi Izin Eksploitasi Air Bawah Tanah

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pengambilan air bawah tanah oleh warga sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 16 Tahun 2010 Kabupaten Kebumen harus dilakukan dengan izin dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen. Namun kendati Pemkab Kebumen sudah berupaya keras mensosialisasikan ketentuan itu, kesadaran masyarakat untuk menaatinya hingga kini masih minim.

"Sampai saat ini baru lima perusahaan swasta, empat perusahaan diantaranya adalah rumah sakit yang secara resmi sudah mengajukan izin pengambilan air bawah tanah untuk kegiatan perusahaan mereka. Setelah izin dikeluarkan, barulah mereka melakukan eksploitasi air di beberapa titik tanah di lokasi perusahaan mereka," ungkap Kepala Seksi Perizinan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (KPPT PM) Kebumen, Karyanto SH di ruang kerjanya, Jumat (14/03/2014).

Menurut Karyanto, berdasarkan ketentuan Perda tersebut warga masyarakat baik perorangan maupun kelembagaan harus memiliki izin bila hendak melakukan eksploitasi air bawah tanah. Izin tersebut diberikan dengan tujuan untuk memudahkan pengawasan dan pengendalian penggunaan air bawah tanah di Kabupaten Kebumen.

Sedangkan ditemui terpisah, Ketua Forum Peduli Lingkungan (FPL) Kebumen, Ir Sunaryo mengatakan selain rumah sakit, perusahaan pengguna air dalam jumlah besar yang perlu memiliki izin eksploitasi adalah hotel, rumah makan, tempat pencucian mobil serta pabrik berskala menengah dan besar. Izin tersebut bisa berfungsi sebagai pengendalian penggunaan air bawah tanah, diantaranya dengan cara menarik pajak bagi penggunanya.

"Bila ketentuan izin dan pajak itu sudah efektif dilaksanakan, harus ada upaya pemerintah untuk menjaga kelestarian persediaan air bawah tanah di Kebumen," ujar Sunaryo. (Dwi/krjogja.com)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!