Kilas Berita:

5.000 Bibit Pohon Ditanam di Hulu Sungai Luk Ulo

KARANGGAYAM (www.beritakebumen.info) - Daerah perbukitan di hulu Sungai Luk Ulo yang menjadi kawasan resapan air dihijaukan dengan penanaman ribuan bibit pohon, Minggu (9/3). Sekitar 5.000 bibit pohon berbagai jenis ditanam di perbukitan Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam, Kebumen.

Aksi tanam bibit pohon tersebut digelar oleh para relawan Alap-alap Rescue X-24 Kebumen. Adapun jenis pohon yang ditanam meliputi jati, akasia, matoa, dan durian.

Selain para relawan, aksi tersebut juga diikuti warga Desa Giritirto. Kepala Desa Giritirto Teguh Prasetyo tampak ambil bagian dalam acara penghijauan tersebut.

Ketua Panitia Imam Suroto menjelaskan, kegiatan tersebut dalam rangka menanggulangi bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kebumen. Menghijaukan kawasan resapan air menjadi hal mutlak untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor.

"Jika kawasan resapan air berfungsi dengan baik, air hujan tidak langsung mengalir ke sungai melainkan meresap ke dalam tanah," ujar Imam Suroto kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.

Adapun total bibit pohon yang ditanam mencapai 5.000 batang. Selain di Desa Giritirto, nantinya penanaman pohon akan dilanjutkan ke dua desa lain yakni di Desa Kebulusan, Kecamatan Pejagoan dan Desa Wonorejo Kecamatan Karanganyar.

"Selain sumber dana dari anggota, bibit pohon merupakan bantuan dari pengusaha bibit asal Petanahan Darhadi," ujar Imam Suroto.
( Supriyanto / CN39 / Suaramerdeka )



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!