Kilas Berita:

434 Calon Prajurit TNI Dibekali Pengetahuan Lalu Lintas

GOMBONG (www.beritakebumen.info) - Selain mendapatkan pendidikan ilmu kemiliteran, para prajurit siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD mendapatkan pembekalan tentang Undang-Undang Lalu Lintas. Pembekalan bagi 434 prajurit siswa Dikmata TNI AD Gelombang II Tahap I TA 2013 itu mendatangkan pemateri dari Satlantas Polres Kebumen.

Berlangsung di gedung Jenderal Sudirman Secata Gombong, acara dibuka oleh Komandan Secata Gombong Letkol Inf Suhartono. Hadir Wakil Komandan Secata Mayor Inf Amad R, 56 perwira pengasuh dan 14 PNS di jajaran Secata Gombong yang ikut mendampingi para peserta didik.

Komandan Secata Letkol Inf Suhartono menjelaskan, kegiatan itu dimaksudkan untuk membekali para prajurit siswa yang sekitar sebulan lagi akan meyelesaikan pendidikan pertama di Secata Gombong dengan pengetahuan tentang lalu lintas. Setelah mendapatkan pembekalan tentang Undang-Undang Lalu Lintas, para prajurit TNI AD dapat menjadi teladan dalam kedisiplinan berlalu lintas.

"Kegiatan ini sekaligus untuk menjalin keakraban aparatur negara TNI dengan Polri. Meskipun beda tugas tetapi tetap bersinergi," ujar Letkol Inf Suhartono dalam sambutannya.

Adapun materi lalu lintas disampaikan oleh Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Iptu Joko Maryono dan Kanit Dikyasa Aiptu Jono Kirjo yang mewakili Kasat Lantas AKP Aron Sebastian. Iptu Joko Maryono memaparkan kecelakaan lalu lintas di wilayah Kebumen dan aspek-aspek penyebabnya. Kemudian Aiptu Jono Kirjo memaparkan Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) 2011-2035.

Melalui lima pilar aksi RUNK angka kecelakaan di jalan raya diharapkan menurun. Kelima pilar tersebut meliputi, menejemen keselamatan jalan, jalan berkeselamatan, kendaraan berkeselamatan, pengguna jalan berkeselamatan, dan respon terhadap setelah kejadian kecelakaan.

"Untuk menekan angka kecelakaan jalan raya menjadi tugas bersama. Pembekalan UU Lalu Lintas bagi calon prajurit TNI AD merupakan salah satu upaya sinergitas dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya," ujar Aiptu Jono.

Para prajurit siswa tampak antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung mulai pukul 15.00 hingga 17.20 tersebut. Sejumlah pertanyaan diajukan oleh para calon prajurit TNI AD tersebut. Penyuluhan diakhiri dengan melakukan glorifikasi pelopor keselamatan berlalu lintas yang diikuti oleh para prajurit siswa, perwira pengasuh, serta pemateri.
( Supriyanto / CN31 / Suaramerdeka.com )



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!