Kilas Berita:

35 Pemandu Lagu di Gombong Periksa HIV/AIDS

GOMBONG(www.beritakebumen.info) - Setelah 43 orang para pemandu lagu (PL) yang bekerja di sejumlah kafe dan tempat karaoke di Kebumen mendapatkan pembinaan dan pemeriksaan, giliran para PL di Gombong yang mengikuti kegiatan serupa, Kamis (6/3). Sebanyak 35 pemandu lagu mendapatkan pembinaan dan pemeriksaan infeksi menular seksual (IMS) dan tes HIV atau voluntary couselling and testing (VCT).

Kegiatan yang digelar oleh Komunitas Pemandu Lagu Kebumen itu bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kebumen, Polsek Gombong dan Puskesmas Wero Gombong. Kegiatan itu juga didukung oleh Forum Peduli AIDS (FPA) Bougenville dan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Moving On. Acara yang berlangsung di Bale Cafe & Resto Gombong itu dihadiri Sekretaris KPA Kebumen Siti Nuriatun Fauziyah dan Kanit Bimas Polsek Gombong Aiptu Subardi.

Ketua Panitia Yudi menjelaskan, digelarnya kegiatan itu untuk melakukan pendataan, pembinaan dan pemeriksaan terhadap para pemandu lagu yang biasa bekerja di cafe dan tempat karaoke di Gombong dan sekitarnya. Kegiatan itu merupakan rangkaian dari kegiatan yang digelar di Bale Ungu Cafe Kebumen pada 6 Fabruari lalu.

"Nantinya, para pamandu lagu akan mendapatkan pembinaan secara bersama-sama di tingkat kabupaten," ujar Yudi kepada suaramerdeka.com di sela-sela acara.

Seketaris KPA Kebumen, Siti Nuriatun Fauziyah mengapresiasi terhadap para pemandu lagu yang secara sukarela melakukan test HIV untuk mengetahui status HIV positif atau negatif. Para pekerja memiliki resiko tinggi untuk penularan HIV/AIDS, sehingga mereka perlu diberikan pemahaman yang benar.

"Kegiatan ini salah satunya untuk memberikan pemahaman kepada para pemandu lagu tentang bahaya HIV/AIDS," ujar Siti Nuriatun Fauziyah yang juga Kabag Kesra Setda Kebumen.

Merujuk data KPA Kebumen, sejak muncul pertama kali tahun 2003, total jumlah kasus HIV/AIDS mencapai 279 kasus. Prosentasinya 36,2 % masih pada fase HIV, sedangkan 63,8% sudah meningkat ke fase AIDS. Jumlahnya pun meningkat setiap tahun. Terakhir 2013 lalu ditemukan sebanyak 92 kasus HIV/AIDS.
( Supriyanto / CN34 / Suaramerdeka )



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!