Kilas Berita:

20 Kios di Pasar Pagi Gombong Dinyatakan Ilegal, Tetap Bayar Retribusi

GOMBONG (www.beritakebumen.info) - Sebanyak 20 kios pedagang Pasar Pagi Gombong dinyatakan ilegal alias tidak memiliki izin dari Dinas Pasar Kebumen, karena menempati daerah larangan berdagang. Namun mereka tetap ditarik retribusi pasar sebesar 2500 per-hari. Hal ini disampaikan Darsinah (45) korban kebakaran, saatditemui saat dirawat di Rumah Sakit Palang Biru Gombong, baru-baru ini.

“Saya ditarik retribusi pasar sebesar Rp 2500 per-hari oleh petugas pasar,” katanya.

Ia mengaku, walaupun selama ini dia menempati kios yang dikata banyak orang menempati areal larangan dagang, selama ini pula mereka merasa aman-aman saja. Pasalnya, ia membayar retribusi pasar kepada petugas pasar setempat.”Soal kebakaran yang menimpanya, itu soal kecelakaan kerja saja, tidak berkaitan dengan penempatan kios,”ujarnya.

Mukhdori (40) pedagang lain, asal Wonokriyo Gombong, justru tidak menyalahkan pedagang. Semakin bertambahnya pedagang yang menempati daerah larangan tersebut, dipicu karena kurang tegasnya Dinas Pasar.”Kalau memang mereka dilarang, kenapa ditarik retribusi,”sesalnya.

Labih lanjut ia mengatakan, kalau memang dilarang tentunya bukan ditarik tertribusi, tapi dibongkar.”Kalau ditarik retribusi berarti secara tidak langsung diberi izin. Sebab itulah, akhirnya kios-kios terus didirikan jumlahnya hingga puluhan,”katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Disperindagsar Kebumen, H Azam Fatoni SH menegaskan, alasan apapun, kios-kios tersebut akan segera dibongkar.”Mengingat tempat tersebut berada di pinggir saluran irigasi. Kalau ini dibiarkan, akan mengganggu kelancaran air di saluran irigasi tersebut. Karena pemilik kios sudah bisa dipastikan membuang sampah di saluran irigasi tersebut. Terlebih menurut aturan jelas dilarang,” tegasnya. (har/bdg/radarbanyumas)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!