Kilas Berita:

Warga Kebumen Serentak Bersihkan Abu Vulkanik

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Dampak hujan abu vulkanik pascaletusan Gunung Kelud masih sangat menganggu aktifitas masyarakat di Kebumen, Sabtu (15/2).

Selain sekolah masih diliburkan, pertokoan di sepanjang jalan protokol banyak yang memilih tutup. Dari pantauan di lapangan, abu di jalanan di kota Kebumen masih cukup tebal.

Akibat diterpa kendaraan, sebagian abu mengumpul di pinggir jalan. Akibat kepulan debu vulkanik, jarak pandang di jalan sekitar 10-20 meter.

Untuk mengurangi dampak abu vulkanik, seluruh eleman masyarakat secara serentak melakukan bersih-bersih abu di sejumlah kawasan stratagis.

Personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen dibantu para relawan melakukan pembersihkan di kawasan Alun-alun Kebumen dan kawasan pusat kota lainnya.

Sebanyak lima mobil tangki dan tiga pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengusir abu vulkanik.

"Masing-masing mobil mengangkut tujuh rit, sehingga total air yang digelontorkan sebanyak 56 tangki," ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kebumen, Arif Rahmadi kepada suaramerdeka.com di sela-sela kerja bakti.

Selain itu, masyarakat secara swadaya melakukan hal yang sama. Misalnya terjun ke jalanan membersihkan abu vulkanik dengan menyemprotnya dengan air. Air memanfaatkan suplai dari aliran irigasi Waduk Wadaslintang yanga mengalir di sepanjang Jalan Pemuda.

Keesokan harinya aksi dilanjutkan membersihkan jalan lingkungan di sekitar Masjid Darussalam, Kelurahan Kebumen. Aksi sosial juga digelar Bhayangkari Kebumen yang dipimpin Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Kebumen Ny Ratih Faizal.

Sebagai bentuk kepedulian, aksi dilakukan dengan membagikan masker kepada para pengguna jalan.
(Suaramerdeka/ Supriyanto / CN37 )



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!