Kilas Berita:

UGM Sediakan Beasiswa Senilai Rp 98 Miliar

JOGJAKARTA (www.beritakebumen.info) - Tidak dipungkiri untuk membangun pendidikan berkualitas membutuhkan biaya besar dalam penyelenggaraannya. Namun, bukan berarti mereka yang kurang mampu tidak bisa kuliah di UGM.

Direktur Kemahasiswaan UGM Dr Senawi MP menyebutkan bahwa UGM membuka akses seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat untuk belajar di UGM, termasuk dari keluarga tidak mampu. Dengan demikian tidak ada lagi alasan bagi mereka yang miskin tidak bisa mengecap perkuliahaan di UGM.

''Biaya pendidikan memang tinggi, tetapi bukan berarti orang miskin tidak bisa belajar di UGM. Kita membuka akses luas untuk semua kalangan selama mereka berprestasi,'' katanya.

Guna menyiasati ongkos pendidikan yang besar tersebut, UGM menyalurkan berbagai jenis beasiswa yang diberikan untuk membantu mahasiswa tidak mampu secara ekonomi tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi. Saat ini UGM menyediakan 168 jenis beasiswa dengan nominal Rp 98.553.410.932 untuk 15.456 mahasiswa.

Pengelolaan beasiswa dilakukan oleh Direktorat Kemahasiswaan UGM, Direktorat Administrasi Akademik, Direktorat Keuangan, fakultas, dan Kantor Urusan Internasional.

''Sekarang ini UGM mengelola lebih dari 98 Miliar dana beasiswa untuk mahasiswa. Sementara yang dikelola langsung di bawah Direktorat Kemahasiswaan UGM sebanyak Rp 87.965.496.000 dari 50 sumber beasiswa yang diberikan pada 12.642 mahasiswa,'' jelasnya.

Meskipun telah menyalurkan ratusan beasiswa dari berbagai sumber baik dari mitra kalangan swasta maupun institusi pemerintah, hingga saat ini UGM baru mampu memberikan beasiswa sebanyak 33,85 persen dari total mahasiswa UGM yang mencapai 50 ribu mahasiswa. Beasiswa tersebut dimanfaatkan oleh mahasiswa dari program S1 dan Sekolah Vokasi.

''Yang membutuhkan beasiswa masih banyak, karenanya kita terus upayakan untuk meningkatkan jumlah beasiswa dengan menambah banyak mitra,'' katanya.

Dihimbau, kepada para mitra pemberi beasiswa untuk kedepannya meningkatkan nilai beasiswa yang diberikan. Pasalnya, kebutuhan hidup dan biaya kuliah setiap tahunnya.
mengalami peningkatan.
( Bambang Unjianto / CN26 / Suaramerdeka )



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

1 comment:

  1. Informasinya sangat bermanfaat, berikut ini ada contoh soal psikotes gambar/ BAUM tes, download software gratis, dan download blogger templates seo responsive.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!