Kilas Berita:

Terdampar di Kebumen, Sekoci Keren Imigran Gelap Dijarah Warga

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sekoci keren berwarna oranye yang digunakan imigran gelap asal timur tengah terdampar di Pantai Karangjambe, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah, kemarin. Warga sekitar kawasan itu menjarah isi sekoci tersebut.

"Kemarin warga sempat mengangkut barang-barang yang ada dari dalam kapal. Ada dayung, aki, pelampung dan sejumlah perbekalan makanan dan juga baling-balimg pendorong," kata Andi, seorang warga Desa Argopeni kepada wartawan, Selasa (25/2/2014).

Andi mengatakan, polisi sempat mengamankan beberapa alat-alat yang tersisa dari dalam sekoci tersebut. "Sekocinya seperti yang ada di kapal-kapal besar," kata Andi yang baru sekali melihat benda ini terdampar di lokasi itu.

Lokasi terdamparnya sekoci yang mengangkut 26 imigran tersebut sangat sulit dijangkau. Pantai Karangjambe berada di daerah dekat perbatasan antara Desa Argopeni dengan Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. untuk menjcapai lokasi itu harus melewati jalan setapak yang pinggirnya terdapat tebing curam dan medan yang harus dilalui cukup terjal dengan kemiringan bukit yang mencapai hingga 80 derajat.

Sedangkan kondisi sekoci berada di antara bebatuan dan karang kondisinya diikat. Hal ini untuk mencegah agar sekoci ini tidak terbawa ombak laut selatan yang cukup tinggi.

Petugas Pos TNI AL Logending Sersan Mayor Suwarto, mengatakan perahu tersebut rencananya akan ditarik untuk diamankan di pos TNI AL. Namun evakuasi sekoci tersebut batal dilakukan setelah beberapa bagian kapal rusak dan bocor.

"Enggak jadi, karena di beberapa bagian kapal ada yang bocor terkena karang. Apalagi, kapalnya terbuat dari bahan fiberglass," jelasnya.

Dari catatan di Pos TNI AL, ada 26 imigran asal Timur Tengah yang berasal dari Iran, Irak, Mesir, Pakistan, dan Bangladesh. Sekoci tersebut juga dikabarkan terdampar sekitar pukul 11.30 WIB kemarin, Senin (24/2/2014). Sesampainya di Pantai Karangjambe, para imigran segera berhamburan melarikan diri.

Petugas TNI AL yang tiba di lokasi langsung melakukan pengejaran ke hutan yang berada di sekitar lokasi. hingga akhirnnya berhasil mengamankan dan mengumpulkan para imigran tersebut di Pos TNI AL Logending. Saat ini, para imigran dibawa ke penampungan imigrasi yang berada di Cilacap Jawa Tengah. (arb/nal/news.detik.com)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!