Kilas Berita:

Penambang Wadas Malas Urus Izin

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kendati sudah bertahun-tahun menjalankan usaha penambangan batu wadas, para pemilik usaha penambangan di bukit Pager Kodok Dukuh Pager Kodok Desa Wonosari Kecamatan/Kabupaten Kebumen sampai kini masih enggan mengurus izin penambangan.

"Para pemilik usaha penambangan di sini memang menolak bila disuruh mengurus izin penambangan. Alasannya, mereka menambang di tanah hak milik mereka sendiri. Selain itu, mereka pun sudah rutin membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) atas tanah itu setiap tahunnya," ujar Mohammad Saebeni (50), koordinator usaha penambangan batu wadas Dukuh Pager Kodok, Kamis (13/02/2014).

Selain merasa berhak menambang tanpa izin resmi, pemilik usaha penambangan di lokasi itu juga enggan membayar pajak galian golongan C sesuai aturan Peraturan Daerah (Perda) Pertambangan Mineral Dan Batubara Kabupaten Kebumen.

" Kami juga tak mau dibatasi berapa banyak kami menambang wadas, karena usaha ini sudah jadi sandaran hidup kami," ujar Mohammad Saebeni menanggapi pertanyaan berbagai pihak tentang semakin meluasnya bagian bukit yang dieksploitasi para penambang.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kebumen, Ir H Masagus Herunoto MSi, di ruang kerjanya, Kamis (13/02/2014), menyatakan bahwa semua kegiatan penambangan di wilayah Kabupaten Kebumen harus menuruti semua aturan dalam Perda Nomor 22/2011 Tentang Pertambangan Mineral Dan Batubara.

"Bagaimana pun bentuknya eksploitasi tambang yang dilakukan dan berapa pun kuantitas penambangannya, harus menaati aturan dalam perda tersebut, termasuk harus memiliki izin penambangan," jelas Masagus.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen melalui KLH dan Dinas Sumber Daya Air Energi Sumber Daya Mineral (SDA ESDM) Kebumen menurut Masagus sudah berulangkali memberikan sosialisasi tentang ketentuan Perda 22/2011 kepada penambang. Selain di Pager Kodok, juga di beberapa lokasi penambangan lain di Kebumen. Namun sampai saat ini , materi sosialisasi itu tak pernah ditaati oleh penambang. (krjogja/Dwi)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!