Kilas Berita:

KPU Siap Rakit 12.056 Kotak Suara

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen menyiapkan perakitan sebanyak 12.056 kotak suara. Logistik Pemilu yang disimpan di gudang KPU tersebut saat ini masih dalam bentuk lipatan.
"Perakitan nanti dilakukan oleh tenaga umum yang berjumlah 30 orang," kata Ketua KPU Kebumen Paulus Widyantoro, kemarin.

Jadwal yang ditentukan untuk perakitan kotak suara itu selama 20 hari. Setelah selesai dirakit, selanjutnya barang akan disimpan di gudang Desa Kalirejo dan sisanya di gudang KPU.

Lebih lanjut, untuk surat suara dan formulir baru datang sekitar awal Maret mendatang. Surat suara itu nantinya pun akan disortir dan dilipat. Pekerjaan taktis tersebut agar proses penyelenggaran Pemilu hingga pelaksanaannya tidak mengalami keteteran. "Kalau pekerjaanya sudah dicicil sejak awal, maka proses selanjutnya diharapkan lebih lancar," imbuhnya.

Pemilu Damai

Bahkan saat ini pihaknya sudah memilah-milah sampul yang akan dibagikan di tiap-tiap desa dan kecamatan. Sampul yang tertera nama-nama desa dan kecamatan itu sudah datang lebih gasik.

Pihaknya juga membagi alat tulis kantor dan alat coblos beserta alasnya per tempat pemungutan suara (TPS). Peralatan tersebut tersimpan rapi sejak digunakan dalam Pilgub Jateng 2013 silam. Dan, untuk pelaksanaan Pemilu mendatang masih layak digunakan kembali.

Paulus mengemukakan, persiapan yang tengah dilakukan saat ini juga terkait perekrutmen kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) di tingkat TPS. Di Kabupaten Kebumen yang memiliki 449 desa dan 11 kelurahan itu terdapat 3.014 TPS.

Minggu ini, lanjut Paulus pihaknya akan mengundang panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk mengikuti sosialisasi persiapan Pemilu. Mereka akan diberikan bimbingan teknis mengenai penghitungan dan rekapitulasi suara.

"Kami juga sedang menyiapkan regulasi KPU tentang Rapat Umum dan berkeinginan ada deklarasi Pemilu damai yang diikuti oleh stakeholder," tegasnya. (K5-78/SuaraMerdeka)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!