Kilas Berita:

Kepala Daerah Diminta Proteksi Pedagang Pasar Tradisional

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan membeli makanan tradisional saat mengunjungi Pasar Dorowati, Kecamatan Klirong, Kebumen, Rabu (19/2). (Foto: Supriyanto)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Menjamurnya minimarket yang sampai merambah ke pelosok desa menjadi sorotan Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan. Kepala daerah yang memiliki kewenangan memberikan ijin pembukaan ritel diminta membatasi pemberian ijin pasar modern untuk memproteksi pedagang di pasar tradisional.

"Jangan sampai menjamurnya ritel sampai ke pelosok desa mematikan perekonomian pedagang tradisional," ujar Taufik Kurniawan kepada suaramerdeka.com di sela-sela mengunjungi Pasar Mertokodo dan Pasar Dorowati Kebumen, Rabu (19/2).

Lebih lanjut, Taufik menyampaikan, terkait pembangunan pasar modern sebetulnya telah diatur melalui peraturan Menteri perdagangan. Akan tetapi dalam jangkauan ijin pembukaan toko ritel, kewenangan berada di tangan pemerintah daerah.

"Sehingga bupati atau walikota harus tegas dalam rangka memproteksi pedagang di pasar tradisional," imbuhnya.

Tingkatkan Fasilitas

Guna memberi dukungan agar pasar tradisinal mampu bersaing, imbuh Taufik, pemerintah daerah harus meningkatkan fasilitas pelayanan pasar rakyat. Pasar tradisional juga perlu dilakukan penataan dengan baik sehingga konsumen betah berada di pasar.

"Jangan sampai pasar menjadi kumuh dan kotor tanpa perawatan," ujar Sekjen DPP PAN yang menyempatkan diri ikut bekerja bakti membersihkan Pasar Dorowati, Kecamatan Klirong, Kebumen.

Secara umum, Taufik mengapresiasi kepada Bupati Kebumen Buyar Winarso yang dinilai serius melakukan renovasi pasar rakyat. Sejumlah pasar di Kebumen, seperti Pasar Tumenggungan, Pasar Karanganyar, Pasar Petanahan, Pasar Prembun, dan Pasar Kutowinanguan telah dibangun dengan megah baik melalui anggaran APBD dan APBN.

"Kami mengapresiasi jika pemerintah daerah bisa menjangkau perbaikan pasar tradisional melalui anggaran APBD. Tetapi jika daerah membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat akan Saya sampaikan ke kementerian terkait," tandasnya.
( Supriyanto / CN39 / Suaramerdeka )



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!