Kilas Berita:

Kebumen Bakal Miliki Perda TKI

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Untuk melindungi warga Kebumen yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, Pemkab Kebumen telah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan Calon Tenaga Kerja Indonesia atau Tenaga Kerja Indonesia. Raperda usulan Pemkab Kebumen ini saat ini telah memasuki pembahasan panitia khusus (Pansus) DPRD Kebumen.

Sekda H Adi Pandoyo SH MSi menjelaskan, Raperda ini disusun untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat Kabupaten Kebumen yang bekerja di luar negeri. Dalam Raperda tersebut memuat unsur perlindungan terhadap calon TKI/TKI. Mulai dari pra pemberangkatan, selama penempatan sampai dengan purna kembali ke Kebumen.

Meski dalam perlindungan masa penempatan TKI menjadi kewenangan Pemerintah Pusat, tetapi ada celah yang dapat diisi dengan muatan lokal. Seperti pelaksanaan pemantauan TKI yang bekerja di luar negeri dan harus dilaporkan kepada menteri dan kepala BN2TKI. “Dalam Raperda, PPTKIS diwajibkan untuk melaporkannya juga kepada bupati melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Kebumen,”papar Adi Pandoyo.

Adi menegaskan, perlindungan yang diberikan Pemkab Kebumen bersifat preventif dan kuratif. Preventif berupa sosialisasi guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang mekanisme prosedur yang benar bekerja ke luar negeri, sebagai perlindungan terhadap calon TKI/TKI sedini mungkin.

Selain itu, lanjut Adi, juga melalui pendataan di tingkat desa, pengawasan dan pengendalian perekrutan yang dilakukan oleh pelaksana penempatan TKI dan insert data calon TKI melalui interview secara langsung dan terintegrasi dengan Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri(SISKOTKLN ) yang dimiliki oleh BNP2TKI.

Hal ini dimaksudkan untuk menutup ruang gerak para calo yang banyak beroperasi di desa-desa. Disamping itu juga melalui monitoring TKI melalui keluarganya yang dilakukan berdasarkan data register di Disnakertransos Kebumen. “Sedangkan perlindungan kuratif yaitu fasilitasi penanganan kasus apabila terjadi permasalahan,” ujarnya.

Berdasarkan data, warga Kabupaten Kebumen yang bekerja ke luar negeri masih didominasi oleh sektor formal, mencapai 57 persen. Seperti pada 2012, penempatan TKI asal Kabupaten Kebumen sebanyak 3.931 orang. Terdiri dari 1.537 laki-laki dan 2.394 perempuan, tersebar di 63 negara di Eropa, Amerika, Asia, Afrika dan Australia. (ori/gus/radarbanyumas)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!