Kilas Berita:

Jalan Longsor di Plumbon Ancam Puluhan Rumah

Jalan longsor di Plumbon membahayakan pengguna jalan dan mengancam puluhan rumah yang ada di bawahnya. (Foto: Sukmawan)
KARANGSAMBUNG (www.beritakebumen.info) - Musim hujan tahun ini mengakibatkan jalan longsor di sejumlah desa di Kabupaten Kebumen. Seperti jalan longsor yang terjadi di dua titik di Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung. Kondisinya cukup parah hingga memakan setengah lebar jalan.

Dua titik jalan longsor di Desa Plumbon, berada di Dukuh Kedondong RT 05 dan RT 06. Jalan longsor membuat arus lalu lintas terganggu. Kendaraan roda empat tidak bisa simpangan karena setengah dari lebar jalan tergerus longsor.

Di RT 06, posisi jalan yang longsor berada di antara tebing dan jurang. Longsor terjadi pada jurang yang di bawahnya permukiman padat penduduk. Sedangkan di RT 05, tebing jalan longsor ke arah sungai.

Sementara ini, warga hanya bisa kerja bakti membuat saluran agar ketika hujan, air tidak mengalir ke longsoran yang bisa membuat jalan semakin longsor. Warga berharap jalan longsor yang sudah lama terjadi, segera diperbaiki karena dikhawatirkan terjadi longsor besar, serta mengancam keselamatan puluhan jiwa yang rumahnya berada di bawah jalan yang longsor.

Ditemui terpisah, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Kebumen, Haryono Wahyudi, mengaku sudah survei lokasi. Penanganan jalan longsor di Plumbon menurutnya sudah diusulkan DPU bersama BPBD ke BNPB. "Kalau Pemkab Kebumen sendiri, jelas tidak mampu karena membutuhkan biaya cukup besar," ujar Wahyudi, Rabu (19/2/2014).

Musim hujan tahun ini, diakui jalan longsor terjadi di beberapa desa. Selain di Plumbon, juga di Desa Wonoharjo dan Wagirpandan Kecamatan Rowokele, serta di Desa Semali Kecamatan Sempor. Semuanya mendesak ditangani karena kondisinya sudah mengkhawatirkan. (Suk/krjogja.com)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!