Kilas Berita:

Honor Guru PAUD, Cuma Dibayar Rp 15 Ribu/Bulan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - HONOR yang diterima sejumlah guru sekolah Pendidikan Usia Dini (Paud) di Kabupaten Kebumen, ternyata sangat memprihatinkan. Jangankan sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK), untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih sangat kekurangan.

Sebab, masih ada guru PAUD yang hanya mendapat honor antara Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu per bulan. Bahkan acap kali honor tersebut tidak diterima oleh para guru. Karena terkadang honor mereka dipakai untuk kas, guna keperluan kegiatan belajar mengajar anak didiknya. Sementara mayoritas guru PAUD di Kebumen, juga menerima honor yang masih jauh dari UMK.

Kondisi ini jelas memprihatinkan. Padahal tugas dan tanggung jawab seorang guru Paud cukup besar.
Minimnya honor yang diterima guru PAUD terjadi karena honor mereka hanya berasal dari iuran sukarela orang tua peserta didik.
Terlebih lagi, sebagian besar biaya kegiatan belajar berasal dari swadaya masyarakat. Sehingga jika terjadi kekurangan biaya, maka mau tidak mau seorang guru harus ikut iuran.

"Dengan honor sebesar itu, jelas sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kami berharap, kedepan pemerintah bisa memberikan honor yang layak, syukur tidak terlalu jauh dariUMK," kata Dwi Retnowati SPdI selaku Sekretaris HIMPAUDI Kecamatan Kebumen, baru-baru ini.

Dwi Retnowati menambahkan, sebenarnya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ada insentif untuk guru-guru Paud. Namun besaranya tidak seberapa, bahkan jika dibagi untuk seluruh guru Paud yang ada di Kebumen juga tidak merata. Sehingga pemberian insentif tersebut terpaksa diberikan secara bergilir kepada seluruh guru Paud yang ada di Kebumen. (Kebumen Ekspres)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!