Kilas Berita:

Foto: Upaya Warga Bersihkan Abu Vulkanik

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pasca hujan abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud, Jum'at (14/2/2014) jalanan di Kebumen dipenuhi abu. Akibatnya, jarak pandang pengendara terbatas juga rawan tergelincir sehingga membahayakan keselamatan. Debu-debu yang dilalui kendaraan dan beterbangan juga membuat rumah dan warung-warung di sekitar jalan kotor.

Banyak warga secara swadaya melakukan upaya pembersihan jalan dari debu vulkanik. Mulai dari cara tradisional, menyiramkan ir menggunakan ember, hingga menggunakan pompa air. Seperti yang dilakukan beberapa warga berikut.

Warga Desa Langse Kec. Karangsambung membersihkan jalan secara swadaya, tanpa 'komando atasan'. Orang dewasa dan anak-anak turut membersihkan jalan, Sabtu (15/2/2014).
Dengan pompa air dan sapu lisi, mereka menyemprot dan menyapu debu di tikungan Kalikarang. Tikungan tersebut memang cukup tajam dan terdapat tikungan ganda. Kecelakaan tak jarang terjadi di tempat iniakibat tergelincir, maka warga membersihkan jalan tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.
Hal yang sama juga dilakukan warga desa Widoro. Pompa air yang cukup besar diangkut menggunakan gerobag.
Warga membersihkan jalan dengan memanfaatkan air dari saluran irigasi waduk Wadaslintang.
Penyemprotan jalan yang dilakukan BPBD Kebumen di Alun-alun Kebumen.

(bk01/Rachmat)


=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!