Kilas Berita:

200 RTLH Belum Dapat Bantuan, Empat Diantaranya Sudah Roboh

KLIRONG (www.beritakebumen.info) - Sebanyak 200 unit Rumah Tidak Layak huni (RTLH) di Desa Tambakprogaten Kecamatan Klirong belum mendapatkan bantuan renovasi rumah dari pemerintah. Bahkan empat rumah diantaranya sudah roboh. “Selian empat rumah yang sudah roboh, 50 rumah terancam akan ambruk,”kata Kepala Desa Tambakprogaten, Muslikhudin, ditemui dikediamannya, Minggu (2/2).

Melihat kondisi rumah warga, Muslikhudin merasa perihatin. Pasalnya, baru dua bulan menjabat kepala desa, sudah terjadi empat rumah warga yang roboh. “Untung saat roboh penghuni rumah sedang berada di luar rumah. Sehingga tidak memakan korban jiwa,”ungkapnya

Ia berharap kepada pemerintah daerah, agar segera memberikan bantuan renovasi rumah yang sudah masuk kategori tidak layak huni. “Kondisi rumah sangat memprihatinkan, usia rumah rata-rata diatas 30 tahun. Sehingga pilar-pilar penyanggah yang terbuat dari kayu sudah rapuh dan membahayakan penghuninya. Karena dapat roboh sewaktu-waktu ada angin kencang dan hujan,”jelasnya

Salah satu rumah warga yang kondisinya memperihatinkan adalah rumah milik Yasinem (80) warga RT02 RW 02 Desa Tambakprogaten yang kesehariannya menjadi buruh pencari rumput. Janda tua yang telah ditinggal suaminya 4 tahun yang lalu, harus tinggal dirumah reot dan nyaris roboh. Di rumah yang berukuran 8 x 3 meter itulah Yasinem tinggal sendirian.

Sejak dibangun tiga puluh tahun silam, sampai sekarang belum pernah direhab karena tidak memiliki biaya. “Bagaimana mau memperbaiki rumah, untuk makan sehari-hari saja kerepotan. Terkadang saya dapat Rp15 ribu perhari. Untuk beli beras dan lauk saja terkadang kurang,”terangnya dalam bahasa Jawa.

Kondisi demikian, ia mengaku tetap bersyukur dan pasrah karena selama ini masih tetap diberi kesehatan. Dia hanya berharap, bantuan pemerintah untuk membangun rumahnya.”Berharap kepada pemerintah, dapat membangun rumah saya yang sudah reot,”harapnya. (har/gus/radarbanyumas)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!