Kilas Berita:

15 PNS Minta Mundur

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Perpanjangan Batas Usia Pensiun (BUP) bagi PNS sebagai imbas ditetapkannya UU Aparatur Sipil Negara (ASN), rupanya tidak terlalu disambut antusias oleh sejumlah PNS di lingkungan Pemkab Kebumen. Meski masa kerja PNS yang pensiun mulai 1 Februari 2014 diperpanjang, namun terdapat 15 PNS lebih memilih purna tugas dari jabatannya saat ini.

“Walaupun sudah ada aturan baru tentang perpanjangan batas usia pensiun, namun yang bersangkutan boleh mengajukan pensiun. Yang boleh mengajukan pensiun itu adalah bagi PNS yang sudah berusia 50 tahun, atau sekurang-kurangnya sudah mengabdi minimal 20 tahun,”terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kebumen, Suprihandono SH didampingi Kabid Mutasi Drs Wagiyo, kemarin.

Suprihandono menegaskan, Pemkab Kebumen akan memperpanjang masa kerja PNS yang memasuki masa pensiun mulai Februari tahun ini. Kepastian itu diketahui setelah Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mengeluarkan surat nomor K.26-30/V.7-3/99 tentang batas usia pensiun (BUP), pada 17 Januari sebagai petunjuk teknis (juknis) pelaksana UU No.5/2014 tentang Aparatur Sipil Negeri (ASN). Surat dari BKN tersebut memberikan kepastian kepada PNS yang masih bingung tentang masa pensiunnya. Terutama yang masuk diperpanjang atau tidak.

Ia mengungkapkan, dengan pemberlakukan UU ASN tersebut, mulai Februari hingga April tercatat, ada 52 PNS non guru di lingkungan Pemkab Kebumen yang memasuki usia pensiun. Dari jumlah tersebut hanya 37 PNS yang bersedia ditunda pensiunnya. Dua diantaranya merupakan PNS eselon II, yakni Kepala Bappeda Drs H Sabar Irianto, dan Kepala Dinas SDA ESDAM Ir Suhartomo MT.

Sesuai dengan BUP pada UU ASN yaitu untuk eselon III ke bawah dari 56 menjadi 58 tahun, dan untuk eselon II ke atas dari 58 menjadi 60 tahun. “Sedangkan untuk PNS guru, apakah ada perubahan atau tidak masih menunggu aturan pelaksaannya. Saat ini, usia PNS guru adalah 60 tahun,” ungkap Suprihandono.

Suprihandono menambahkan, dengan perpanjangan usia pensiun ini, selain tidak akan melakukan pemberkasan pensiun selama dua tahun, kecuali untuk PNS guru. Adanya perpanjangan usia pensiun ini dapat mengatasi berkurangnya jumlah PNS di Kebumen. Sebab sejak diberlakukannya moratorium, Kebumen belum pernah menerima PNS. (ori/gus/radarbanyumas)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!