Headlines News :
Home » , , , » Awas, Makanan Kedaluarsa Beredar di Swalayan

Awas, Makanan Kedaluarsa Beredar di Swalayan

Written By berita kebumen on 30 Juli 2013 | 02.47

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Menjelang Lebaran, Pemkab Kebumen memperketat pengawasan terhadap makanan kemasan di pasaran. Pengawasan makanan dilakukan dengan menggelar inspeksi mendadak (sidak) di swalayan dan pusat perbelanjaan, Senin (29/7).

Tim gabungan yang terdiri atas Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar), Satpol PP, Kantor Ketahanan Pangan, Bagian Perekonomian dan Polres Kebumen memeriksa makanan kemasan antara lain di Ratu Swalayan Gombong, Mitra Sejati Swalayan, Pusaka Indah Swalayan Karanganyar. Meski tidak mengikuti sampai selesai, tampak Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr Hj Y Rini Kristiani MKes dalam kegiatan itu.

Dalam sidak tersebut, tim gabungan menemukan beberapa produk makan yang sudah kadaluarsa. Salah satunya roti basah yang telah kadaluarsa masih dijual di salah satu swalayan. Ada pula ditemukan produk makanan yang tanpa dilengkapi label masa kadaluarsa. Salah satunya, kacang telur di salah satu pusat perbelanjaan tidak ditemukan kode expired-nya.

Tidak hanya itu, tim juga melakukan pengecekan terhadap makanan yang digemari oleh anak-anak. Salah satu makanan yang diperiksa ialah permen yang mencolok warnanya. Akan tetapi setelah dilakukan pengecekan tidak ditemukan kandungan zat perwarna berbahaya pada permen tersebut.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen pada Dinas Peringdagsar Agung Patuh GA mengatakan, setiap tahun tingkat ketelitian para pelaku usaha termasuk swalayan di Kebumen semakin membaik. Artinya kesadaran dalam melindungi konsumen dari bahan-bahan berbahaya semakin meningkat.

Dia mengimbau kepada para pelaku usaha makanan untuk segera menarik produk makanan yang memasuki masa kadaluarsa. "Kepada konsumen kami imbau untuk lebih teliti dan jeli saat membeli makanan baik di pasar tradisional, warung, maupun swalayan," ujar Agung Patuh kepada suaramerdeka.com di sela-sela acara.

Lebih lanjut Agung Patuh yang juga Penyidik Pengawai Negeri Sipil (PPNS) tersebut menambahkan, kegiatan itu dalam rangka melindungi para konsumen dari produk makanan kemasan berbahaya. Rencananya, sidak di pusat perbelanjaan akan terus dilanjutkan di wilayah Kebumen, Kutowinangun dan Prembun.

"Secara rutin kami telah melakukan pengawasan terhadap makanan kemasan dan zat-zat berbahaya, namun menjelang Lebaran ini intensitas semakin ditingkatkan," ujarnya.
( Supriyanto / suaramerdeka.com)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================
Share this post :
Comments
0 Comments

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

 
Berita Kebumen : Tentang | Redaksi | Donatur | Iklan | TOS | Faq | Kontak
Copyright © 2009-2013. Berita Kebumen On Line - All Rights Reserved
Edited by BK Team Published by Berita Kebumen On Line
Supported by Google