Kilas Berita:

Jadwal Tanam Padi Dipastikan Molor

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sedikitnya mesin traktor sawah yang beroperasi akibat kelangkaan solar menyebabkan jadwal tanam padi musim ini dipastikan molor. Berdasarkan perhitungan jadwal yang ada, pada akhir April ini musim tanam padi harus sudah selesai. Namun, sampai saat ini masih banyak sawah yang belum digarap dan hanya dibiarkan menganggur.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kebumen, Ir Machasin mengatakan, perhitungan akhir April tersebut menyesuaikan mundurnya musim hujan beberapa waktu lalu. Pada kondisi normal, perhitungan jadwal musim tanam jatuh pada akhir Maret. "Realitasnya, sampai akhir April ini petani belum juga tanam padi," katanya, Jumat (26/4).

Dia menjelaskan, mundurnya jadwal tanam tersebut akan berdampak pada musim tanam berikutnya. Yang paling terasa dampaknya adalah sedikitnya waktu untuk tanam palawaija jenis kedelai dan kacang hijau. Sebab, pada musim kemarau mendatang dipastikan usia tanaman padi belum layak untuk dipanen. "Ini akan berpengaruh pada tanaman palawija," katanya.

Menurut dia, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah petani mau menanam padi yang memiliki umur pendek, sehingga perhitungan musim tanam akan sedikit maju.

"Sekali munsim tanam mundur maka musim berikutnya juga ikut mundur," jelasnya.

Salah satu petani Kecamatan Kutowinangun, Ahmadi (45) mengatakan, sampai saat ini masih sedikit mesin traktor sawah yang dioperasikan, karena kesulitan solr bersubsidi. Para pemilik traktor mengaku hanya boleh membeli solar senilai Rp50.000 per hari. Untuk memenuhi kebutuhan, para pemilik traktor terpaksa libur selama beberapa hari untuk membeli solar.

"Kalau petani yang jauh dari SPBU masa hanya beli Rp 50.000. Ya mereka rugi dong. Maka dari itu, banyak tukang traktor yang melakukan beberapa strategi agar pulang bisa membawa solar banyak untu bekal," ungkapnya.
( Rinto Hariyadi / CN33 / JBSM / suaramerdeka.com)

=============================================================
KOMENTAR PEMBACA | KOMENTAR FACEBOOKER


=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | TWITTER |

BERITA PERTANIAN LAINNYA: