Kilas Berita:

Jembatan Kedungdalem Berbahaya

ALIAN (www.beritakebumen.info) - Kondisi jembatan yang berada di Dusun Kedungdalem, Desa Sawangan, Kecamatan Alian sangat berbahaya. Robohnya tiang penyangga jembatan padasisi tengah sejak tiga tahun lalu mengakibatkan konstruksi jembatan makinmembahayakan pengguna yang melintas. Saat dilalui sepeda ontel saja, jembatan tersebut akan bergoyang cukup kencang.
Beberapa warga terpaksa turun dari sepeda saat akan melintas di atas jembatan tersebut. ├ČJembatan goyang-goyang saat dilalui. Kalau sepedanya dinaiki bisa jatuh ke sungai,├« terang Poniman (40) warga Kedungdalem, Desa Sawangan, Kecamatan Alian, Minggu (4/11).
Tak hanya itu, kontruksi kayu jembatan juga sudah lapuk akibat terkena sinar matahari dan hujan selama bertahun-tahun. Tali besi yang melintang pun sudah berkarat. Warga secara swadaya hanya melakukan penggantian beberapa kayu jembatan yang sudah lapuk
Poniman mengatakan, sejak dibangun 1993 sampai sekarang, jembatan tersebut belum pernah dibangun oleh pemerintah. Saat ini kondisi kayu yang lapuk tersebut sudah merata. "Kami minta jembatan tersebut segera diganti agar warga bisa melakukan rutinitas harian dengan aman dan nyaman,'' ungkapnya.
Jembatan sepanjang 25 meter dengan lebar 1,5 meter merupakan akses utama warga di Dusun Kedungdalem untuk menuju jalan lintas kecamatan. Setiap pagi dan sore hari banyak warga yang melintas di jembatan yang melintang di atas Sungai Kedungbener tersebut.
Selain jembatan perlu diganti dengan kostruksi yang lebih kuat, juga perlu dilakukan pelebaran jembatan. Dengan hanya memiliki lebar luar 1,5 meter saja, pengendara tidak bisa melintas berpapasan. "Kalau lewat harus bergantian,'' imbuh dia.
Warga lain, Maryoni (45) mengatakan, akibat sempitnya jembatan kendaraan roda empat tidak masuk ke pemukiman warga. Hal tersebut menghambat laju pertumbuhan ekonomi penduduk. "Pihak desa sudah sering melaporkan kondisi tersebut kapada instansi terkait, tetapi hingga kini belum mendapat respon yang jelas,'' katanya. (K42-91/suaramerdeka)

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan bergabung di FACEBOOK GRUP

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!