=========== Baca Juga :===========


KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Mulai tanggal 1 Juni 2012, Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Ratih TV Kebumen menggunakan kanal 47 UHF untuk wilayah layanan Purwokerto, Banyumas, Purbalingga, Cilacap dan Kebumen. Sebelumnya Ratih TV mengudara pada kanal 51 UHF. Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kebumen Drs Edy Purwoko, M.Si mengatakan uji coba siaran tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kominfo RI nomor : 284/KEP/M/KOMINFO/07/2011 tentang Ijin Prinsip Penyelenggaraan Penyiaran LPPL Jasa Penyiaran Televisi LPPL Televisi Kabupaten Kebumen ( Ratih TV). Kemudian ditindaklanjuti dengan rapat antara Balmon Semarang II, Pihak Pemkab Kebumen serta Trans 7, di Semarang pada Hari Selasa ( 23/5). Sebagai konsekuensinya pihak Trans 7 yang biasanya menggunakan kanal tersebut diminta untuk off air dari kanal tersebut. Hasil koordinasi dua belah pihak, diputuskan per 1 Juni 2012 Ratih TV bisa melaksanakan uji coba on di kanal 47.

Lebih lanjut Edy Purwoko berharap perpindahan frekuensi tersebut akan berdampak positif terhadap Ratih TV , baik keluasan daya pancar maupun kualitas materi siaran. Terkait peningkatan kualitas Ratih TV, pada tahun 2012 akan dilakukan pembenahan. Daya pancar Ratih TV akan ditingkatkan dari 1000 watt menjadi 3000 watt. Diakui daya Pancar Ratih TV saat ini memang mengalami penurunan power akibat usia dan pernah tersambar petir. " Kepada masyarakat Kebumen kami mohon doa restu agar Ratih TV bisa menjadi LPPL kebanggaan masyarakat Kebumen, dan yang lebih utama semakin bermanfaat bagi masyarakat Kebumen" ungkap Edy Purwoko.

Kasi Dokumentasi dan Publikasi Muchriyanto,S.AP menambahkan ada banyak tahapan yang harus dilalui Ratih TV untuk mendapatkan ijin Siaran tetap dari Kominfo. Setelah uji coba siaran, tahapan selanjutnya adalah mengajukan Evaluasi Uji Coba Siaran (EUCS) ke Kominfo, yang didahului dengan pengukuran uji parameter oleh Balai monitoring ( Balmon) II Semarang serta Evaluasi Contain / isi siaran oleh KPID. " Setelah tahapan itu terselesaikan, barulah ratih TV bisa mendapatkan Ijin Siaran tetap atau ijin penyelenggaraan penyiaran dari Kominfo ' ungkap Muchriyanto.

Ratih TV sebagai salah satu media kehumasan Pemkab mempunyai durasi siar 12 jam tiap harinya, yaitu 4,5 jam siaran materi lokal serta selebihnya siaran relay LPPL TVRI Jakarta. Materi lokal disiarkan pagi hari pukul 06.00 - 07.30 wib dan sore hari pukul 16.00 - 18.00 wib.
Adapun acara unggulan Ratih TV antara lain Selamat Pagi Kebumen (SPK) yang ditayangkan dari hari Senin - Jumat dari pukul 06.00 hingga 06.30, Pasar Reboan. setiap hari rabu pukul 16.00- 17.00 serta Berita Kebumen yang disiarkan setiap hari pukul 17.00 - 17.30 wib.


=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan bergabung di FACEBOOK GRUP dan like FAN PAGE

Post a Comment

Powered by Blogger.