Headlines News :
Home » , » Pelantikan Dewan Kesenian Daerah

Pelantikan Dewan Kesenian Daerah

Written By berita kebumen on 17 Mei 2012 | 12.26

KEBUMEN (The Independent News) - Sebanyak 38 orang dilantik menjadi Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Kebumen oleh Bupati Kebumen, H Buyar Winarso, SE di pendopo rumah dinas bupati, Rabu 16 Mei 2012. Diperlukannnya kepengurusan Dewan Kesenian Daerah adalah sebagai upaya memberikan ruang bagi kreatifitas dan potensi seniman serta aktivitas yang mampu mewadahi ekspresi, potensi serta prestasi yang membanggakan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen, Drs Heri Setyanto sebagai ketua penyelenggara acara. Selain itu disampaikan pula bahwa keberadaaan seni budaya di Kabupaten Kebumen yang sangat beragam namun pada era persaingan bebas sekarang ini banyak menemui kendala, bahkan menemui stagnasi. Oleh karena itu perlu disadari bahwa potensi kesenian yang ada di masyarakat tidak saja sebagai warisan nenek moyang tetapi merupakan aset budaya yang memiliki nilai jual sehingga upaya pelestarian dan pengembangannya adalah tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pemerintah.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan serangkaian dengan pelantikan Dewan Kesenian Daerah ini yaitu pentas wayang kulit di Desa Banjurpasar Kecamatan Buluspesantren pada tanggal 11 Mei 2012. Dan pada hari pelantikan Dewan Kesenian Daerah ini dipentaskan seni tradisi dan kontemporer yaitu tari gambyong, karawitan larasati, jamjaneng, tari bambangan cakil, dan cepetan. Dana pelaksanaan rangkaian kegiatan ini bersumber dari APBD II, sumbangan donatur diantaranya dari Bank Jateng, Swalayan Jadi Baru BPR BKK Kebumen dll.

Dalam sambutannya, Bupati Kebumen menyampaikan beberapa hal penting sehubungan dengan pengembangan kesenian daerah yang akan menjadi tanggung jawab dewan kesenian daerah dan masyarakat Kebumen pada umumnya. Yaitu harus mampu mengembangkan seni lokal sesuai dengan kondisi sekarang di era globalisasi. Kemudian utuk para pelaku seni harus meyajikan seni secara maksimal, karena dengan adanya keberagaman penikmat seni mereka dituntut bagaimana membuat penikmat seni bisa menikmati seni yang disajikan tersebut.(Admin-Kominfo)



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan bergabung di FACEBOOK GRUP dan like FAN PAGE
Share this post :
Comments
0 Comments

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

Pilih Berita

Arsip Berita Kebumen

 
Berita Kebumen : Tentang | Redaksi | Donatur | Iklan | TOS | Faq | Kontak
Copyright © 2009-2013. Berita Kebumen On Line - All Rights Reserved
Edited by BK Team Published by Berita Kebumen On Line
Supported by Google