Headlines News :
Home » » Musrenbang RKPD Kabupaten Kebumen 2012

Musrenbang RKPD Kabupaten Kebumen 2012

Written By berita kebumen on 13 Maret 2012 | 05.53

KEBUMEN (The Independent News) - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kebumen Tahun 2013 dilaksanakan Senin (12/3) di Aula Setda Kebumen. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kebumen, Muspida Kabupaten Kebumen, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD dan Para Anggota DPRD Kabupaten Kebumen, FKPD, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Utusan dari Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo dan Purworejo, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumenbeserta Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati Kebumen, Kepala SKPD se-Kabupaten Kebumen, Para Pimpinan Perguruan Tinggi, Ormas, LSM dan Organisasi Profesi.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pejabat pemerintahan; mulai dari Desa, Kecamatan dan Kabupaten, atas kinerja dan kerja kerasnya selama ini, yakni membangun Kabupaten Kebumen yang semakin baik dari waktu ke waktu.
RKPD merupakan pelaksanaan tahun ketiga dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tahun 2010-2015, dan merupakan kelanjutan dari RKPD Tahun 2012. Oleh karena itu, penyusunan RKPD Tahun 2013 harus memperhatikan capaian kinerja pembangunan daerah tahun-tahun sebelumnya, serta target yang ditetapkandalam RPJMD Tahun 2010-2015.Capaian kinerja pembangunan daerah dapat dilihat dari beberapa indikator utama, seperti : Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Tingkat Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi dan Daya Saing Daerah.

IPM merupakan indikator hasil akhir pembangunan daerah atau tujuan otonomi daerah. Angka IPM Kabupaten Kebumen selalu meningkat dari tahun ke tahun, yang berarti pembangunan yang dilaksanakan berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Tahun 2010, nilai IPM kita sebesar 71,12 atau meningkat 0,39 dari Tahun 2009 yang sebesar 70,73. Namun, nilai tersebut masih di bawah rata-rata Nasional 72,27 dan Provinsi Jawa Tengah 72,49. Posisi Kabupaten Kebumen pada peringkat 24 dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.
Tingkat kemiskinan penduduk di Kabupaten Kebumen terus turun sekitar 2,4% per tahun. Namun angkanya masih besar. Data terakhir Tahun 2010, masih ada 263.069 jiwa atau 22,70% penduduk kategori miskin, dan diatas rata-rata Provinsi 16,40% dan Nasional 13,33%. Posisi Kabupaten Kebumen Tahun 2010 di peringkat kelima termiskin di Provinsi Jawa Tengah. Namun peringkat itu masih lebih baik dibanding tahun sebelumnya yaitu peringkat ketiga. Disamping itu, tingkat pengangguran terbuka juga masihcukup tinggi yakni sebesar 8,02% berada di atas nasional 7,14% dan Provinsi Jawa Tengah 6,65%, serta urutan kesembilan terbesar di Jawa Tengah.
Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kebumen relatif rendah yakni pada kisaran 4%, di bawah Provinsi dan Nasional yang berkisar 6-7%. Sebaliknya, inflasi kita masih lebih tinggi dari Provinsidan Nasional. Pendapatan perkapita masyarakat kita meningkat sekitar 8-9%, tetapi masih relatif kecil, yakni sebesar Rp. 5,58 juta per tahun.

Kinerja Daya Saing Kabupaten Kebumen Tahun 2011 meningkat dan lebih baik dibanding tahun 2010. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai indikator secara keseluruhan. Dari 11 indikator, 9 indikatormengalami kenaikan dan hanya 2 indikator yang menurun. Dua indikator yang nilainya turun yaitu; menyangkut pungutan liar dan kontribusi PAD terhadap APBD. Posisi Kabupaten Kebumen meningkat dari peringkat ke-11 di Tahun 2010 menjadi peringkat ke-4 di Tahun 2011 dari 13 Kab./Kota di Bakorwil II.

Selanjutnya Bupati menyampaikan, melihat latarbelakang tersebut, tema pembangunan daerah pada Tahun 2013 adalah “Revitalisasi Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Daerah dalam rangka Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Terwujudnya Masyarakat Kebumen yang Lebih Sejahtera”.

Sebagai pelaksanaan tahun ketiga RPJMD Tahun 2010-2015, maka sasaran pembangunan daerah Tahun 2013 adalah :(1) Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, (2) Peningkatan Kualitas Prasarana Dasar Wilayah, (3) Penguatan Kelompok Usaha Bersama Kecamatan, dan(4) Penyiapan Jaringan Kerja untuk UpayaPemasaran. (Bidang Kominfo Kab Kebumen)

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan bergabung di FACEBOOK GRUP dan like FAN PAGE
Share this post :
Comments
0 Comments

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

 
Berita Kebumen : Tentang | Redaksi | Donatur | Iklan | TOS | Faq | Kontak
Copyright © 2009-2013. Berita Kebumen On Line - All Rights Reserved
Edited by BK Team Published by Berita Kebumen On Line
Supported by Google