Headlines News :
Home » , , » Uji Kompetensi Tata Busana, Kebumen Terbanyak & Terbaik

Uji Kompetensi Tata Busana, Kebumen Terbanyak & Terbaik

Written By beritakebumen on 14 Desember 2011 | 13.40

PREMBUN-Sebanyak 275 peserta dari 12 lembaga kursus dan pelatihan (LKP) di Kabupaten Kebumen, mengikuti uji kompetensi tata busana. Jumlah peserta yang mengikuti tes tertulis dan praktik tersebut, tercatat paling banyak se-Indonesia, yang pada Desember ini juga menggelar kegiatan serupa.
Kegiatan yang berlangsung di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Rois Modern Prembun, Kebumen, itu diawali upacara pembukaan dengan pembina Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Drs Wuryanto MMPd. Wuryanto menyambut baik atas pelaksanaan uji kompetensi tersebut.

Menurutnya, lulusan LKP di Kebumen dinilai terbaik. Karena itu, peserta yang lolos uji kompetensi tersebut tidak perlu risau untuk mendapat pekerjaan di bidangnya. Pasalnya, sejumlah perusahaan konveksi di Indonesia siap menerima tenaga kerja yang sudah dilatih tersebut. Seperti di Bandung, Jakarta, Bogor dan Solo.

Peserta telah mengikuti pelatihan selama kurang lebih 3 bulan. Uji kompetensi itu untuk mengukur kemampuannya. Pada tahap uji kompetensi tersebut masih pada level 1, yakni yang baru bisa menjahit. Jadi, untuk menyalurkan merekayakni bekerja di perusahaan konveksi serta garmen.

Tak Mati

"Harapannya, peserta yang sudah mendapat sertifikat uji kompetensi pada level 1 tersebut lebih meningkat. Mereka bisa naik ke level yang lebih tinggi lagi yakni level 2,3 dan seterusnya," kata Hj Dedeh Kurniasari MM, dari lembaga sertifikasi kompetensi pusat yang meninjau pelaksanaan uji kompetensi di TUK Rois Modern Prembun, Kebumen baru-baru ini.

Dedeh mengatakan, menjahit tidak ada matinya. Seluruh masyarakat berbagai kalangan mulai daerah pantai hingga pegunungan membutuhkannya. Dengan meningkatkan kemampuan hingga level tertinggi tersebut, para peserta bisa membuka usaha secara mandiri."Ini prospek yang cukup baik untuk ditekuni," imbuhnya.

Kasi Dikmas Dikpora Kabupaten Kebumen Abdullah didampingi Ketua TUK Rois Modern Prembun, H Rohmat Spd menambahkan, uji kompetensi yang diikuti 275 peserta itu tercatat terbanyak se-Indonesia. Karena itu, pihaknya mengaku cukup bangga.

Bagi yang lulus uji kompetensi tersebut akan mendapatkan sertifikat. Dan, pihaknya siap memberikan pelatihan kepada masyarakat dengan menghubungi TUK Rois Modern Jalan Slamet Riyadi Nomor 43 Tersobo, Kecamatan Prembun, Kebumen. (K5-84)
(suaramerdeka)




=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan bergabung di FACEBOOK GRUP
Share this post :
Comments
0 Comments

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

Pilih Berita

Arsip Berita Kebumen

 
Berita Kebumen : Tentang | Redaksi | Donatur | Iklan | TOS | Faq | Kontak
Copyright © 2009-2013. Berita Kebumen On Line - All Rights Reserved
Edited by BK Team Published by Berita Kebumen On Line
Supported by Google